Mungkin Ini Penyebab ATLET JATENG Diidentifikasi DOPING

SEMARANG (asatu.id) – Sudah tahukan apa itu doping ? doping adalah obat atau kandungan dan metode yang memacu kinerja tubuh yang dinilai tidak jujur dalam pertandingan karena menimbulkan tidak samaan kesempatan untuk meraih juara (dr.azam koni jateng).

Setelah PON XIX di Jawa Barat kemarin salah satu atlet Jawa tengah berasal dari cabang olahraga berkuda diidentifikasi oleh Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) positif menggunakan doping, hal ini dikarenakan temuan LADI dalam darah atlet ini mengadung kandungan yang berefek seperti beta-2 yaitu memacu kinerja jantung.

KONI Jawa Tengah pun tidak lanta lepas tangan terkait hal ini. Ketua KONI JAteng pun angkat biacara bahwa seperti yang kita ketahui jika cabang olaharaga berkuda sudah ada beritanya tentang teridentifikasinya penggunaan doping.

“Kami tak langsung percaya begitu saja apa benar atlet kami menggunakan doping?, kami lakukan investivigasi secara internal dari tes hingga proses wawancara terhadap atlet tersebut,” jelasnya.

Pihaknya menyatakan, bahwa mungkin karena kopi yang di konsumsi atlet ini di duga menggunakan beta-2 untuk memacu kinerja jantung bisa jadi ini hanya hoax belaka lantara yang menyebabkan adanya kandungan yang menimbulkan efek serupa beta-2 adalah kafein yang terkandung dalam kopi, sementara kafein dalam kopi sendiri tidak masuk dalam daftar doping LADI.

“Orang minum kopi kan wajar, saya yakin ini hanya kesalah pahaman belaka, semoga data yang dikirim LADI ke laborat yang di India menunjukkan negatif doping,” tambah Hartono.

Perlu diketahui bahwa Kopi sendiri memang mengandung kafein yang cukup tinggi dan bisa membuat jantung berdebar namun meski mengandung kafein yang tinggi kopi juga belum masuk kedalam daftar doping oleh World Anti Doping Asociation (WADA).(HP)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *