Satpol PP Sidak Rumah Ganjar Pranowo

Satpol PP Sidak Rumah Ganjar Pranowo

Kepala Satpol PP Jateng melakukan sidak di kediaman Gubernur Jateng, Sabtu (21/1) (istimewa/doc)

Semarang (Asatu.id) –  Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) Provinsi Jawa Tengah kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lokasi yang menjadi tempat utama penjagaan dan pengamanan Satpol PP. Kali ini kediaman orang nomor satu di Jawa Tengah tak luput menjadi target operasi.

Sabtu (21/1) dini hari jam 01.00 hingga 02.00 WIB Kepala Satpol PP Jateng Sinung Rachmadi bersama jajarannya melakukan sidak di Rumah Dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Puri Gedeh dan Rumah Dinas Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko di Jalan Rinjani.

Menurut Sinung, tujuan sidak tersebut merupakan bagian konsolidasi disipilin internal anggota Satpol PP Jateng dalam melaksanakan tugas, yakni salah satunya menjaga Rumah Dinas Pimpinan Daerah.

Sebagai komandan, dirinya bisa melihat langsung kendala dan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Selain itu sidak terhadap petugas jaga merupakan hal penting karena bagian dari kesiap siagaan melaksanakan tugas jaga.

“Dinihari saya ke Puri Gedeh jam 02.15 – 02.30, mereka (petugas jaga) masih siaga meski lampu pos sudah dimatikan dan melihat TV. Saat saya masuk, mereka kaget, kemudian saya ajak mereka keliling rumah dinas dan cek peralatan serta daftar piket jaga,” ungkapnya.

Seusai dari Puri Gedeh, sidak dilanjutkan ke Rumah Dinas Wakil Gubernur di Jalan Rinjani pukul 02.45 WIB. Hasilnya, semua petugas jaga masih siaga walaupun ada satu petugas yang tidur dikarenakan sedang tidak enak badan.

“Kepada anggota tersebut saya bilang kalau sakit dipersilahkan izin dan jangan dipaksakan (bertugas) agar bisa digantikan dengan anggota lain, yang penting lapor,” katanya kepada Asatu.id.

Lebih lanjut, mantan Kepala Biro Humas Setda Jateng tersebut memberikan arahan kepada para anggota Satpol PP agar tetap solid sesama tim piket, tetap jaga kesehatan dan melaporkan jika ada kendala.

Dan yang terpenting saat bertugas adalah tidak lupa melakukan komunikasi yang baik dengan bagian rumah tangga rumah dinas serta perhatikan jadwal kegiatan dan tugas perhari tiap pimpinan daerah.

“Sidak ini sebenarnya bagian tugas rutin dan kewajiban kami untuk ricek pelaksanaan tugas anggota. Sama halnya dengan sidak kami terhadap disiplin aparatur sipil negara (ASN) di kantor, baik disiplin hari dan jam kerja serta kehadiran. Itu harus,” tegasnya.

Kedepan Sinung berharap Satpol PP adalah bagian dari sistem birokrasi ASN Pemprov Jateng, maka sama halnya dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. “Kami harus memberi kontribusi kinerja terhadap peran dan tugas kami, baik intern kami sendiri maupun ekstern di luar kami.” (Alessia Amalia)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *