Nih, Kenali Arti Diet Sehat

photo by Pixabay.com

photo by Pixabay.com

Semarang (asatu.id) – Ingin sukses melakukan diet dan tak lagi sekadar menjadi wacana?Maka memulailah dengan menggali semua informasi yang terkait dengan kata diet. Beberapa orang ternyata masih banyak yang salah kaprah mengartikan kata diet. Kebanyakan hanya menganggap diet sebagai kegiatan pengaturan pola makan saja. Agar tak sembarangan dan terjebak dengan informasi yang tidak benar maka sebaiknya dapat mengenal dan mempelajari terminologi diet dan fungsinya.

Salah satu pemerhati gaya hidup dan konsultan program penurunan berat badan, dr Grace Judio-Kahl MSc,MH,CHt,pendiri klinik Lighthouse di kawasan Jakarta Selatan menekankan agar tak sembarang memaknai arti diet tetapi harus tahu fungsi dan kebutuhannya.

“Diet itu adalah pengaturan pola makan dan ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda. Misalnya, diet bagi ibu hamil tentu berbeda dengan diet lansia atau diet untuk penyakit diabetes serta hipertensi. Masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda. Permasalahannya selama ini semua mengasosiasikan diet itu untuk turun berat,”urainya.

Lanjut, dokter cantik ini juga menjelaskan selain menentukan diet sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka juga harus mengetahui cara menghitung jumlah kalori yang akan masuk dalam tubuh.

“Bagi yang ingin diet untuk tujuan turun berat maka pastikan gizinya cukup,sumber kebutuhan energi dan sumber zat pembangunnya juga harus cukup. Kemudian yang tidak kalah penting mengenai mitos mengenai kalori ya. Kalau bentuknya kecil belum tentu loh kalorinya sedikit, misalnya keripik tempe satu genggam itu sama loh dengan kalori makan telor ayak kampung empat buah”jelasnya.

Untuk memudahkan dr.Grace menyarankan agar menghindari untuk mengonsumsi gula, tepung dan minyak yang berlebihan untuk masuk dalam tubuh. “Jadi setelah tahu berapa besaran jumlah kalori yang perlu didapatkan dan dikeluarkan oleh tubuh maka barulah disarankan untuk membuat rencana diet yang tepat. Berkonsultasi dengan ahli yang tepat dapat membantu untuk menentukan jenis makanan yang tepat. Olahraga juga menjadi catatan penting karena diet sehat juga harus dibarengi dengan olahraga yang teratur,”katanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *