Pemkot Semarang Bakal Bangun Simpang Susun

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Foto : asatu.id/dok

Walikota Semarang Hendrar Prihadi
Foto : asatu.id/dok

SEMARANG (asatu.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana akan membangun simpang susun di wilayah Pedurungan dan Banyumanik yang merupakan pintu gerbang Kota Semarang dari arah timur dan selatan bertujuan untuk mengetasi kepadatan arus kendaraan yang masuk ke Semarang.

Simpang susun adalah persimpangan jalan yang tidak sebidang, di mana kendaraan dapat melakukan perpindahan dari satu jalan ke jalan lainnya tanpa harus berhenti terlebih dahulu (karena tidak ada lampu lalu lintas).

Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, pembangunan simpang susun di Kota Semarang sudah sangat mendesak, karena kepadatan jalan raya di Kota Atlas terus mengalami peningkatan.

“Pertumbuhan mobil dan motor sangat tinggi. Dari data Gaikindo, pertubuhan kendaraan bermotor mencapai 10 persen setiap tahunnya, sedangkan jalan raya pertumbuhannya baru 1 persen saja,” terangnya, Rabu (4/1).

Untuk memecah kepadatan, lanjutnya, maka dibutuhkan simpang susun sebagai salah satu upaya untuk merekayasa lalulintas. Menurutnya, hal tersebut sudah sangat mendesak, karena kota Semarang ini merupakan kota Metropolitan dimana kepadatan lalulintasnya terus mengalami kenaikan, sehingga dibutuhkan rekayasa lalulintas.

“Tahap awal, Dinas Bina Marga Kota Semarang sudah menganggarkan dana di tahun 2017 ini, untuk membuat kajian Detail Enginering Desain (DED) dan diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini,” ungkap Pria akrab disapa Hendi.

Sementara itu, Kepada Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminnudin, di tahun 2017 dan 2018 nanti pihaknya akan melakukan tahap Land acquisition and resettlement action plan (Larap) dan DED. ”Tahun ini untuk DED kita menganggarkan dana Rp2,4 miliar,” tambahnya.

Untuk lokasi dan juga panjang tepatnya pembangunan simpang susun tersebut, sambung Iswar, belum bisa dipastikan. “Itu baru akan tertuang dari hasil DED dan Larap. Yang pasti pembangunan simpang susun itu kan untuk mengurangi kemacetan,” pungkasnya.(AC)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *