Sambut Pilkades Serentak, Pengamanan Harus Diperkuat


KENDAL (Asatu.id) –  Kepala Kepolisian Resort Kapolres) Kendal, AKBP Ali Wardana menegaskan, wilayah Kabupaten Kendal pada 18 Maret mendatang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak. Karenanya, tingkat pengamanan harus diperkuat.

“Pelaksanaan pilkades kali ini berbeda dengan pilkades enam tahun silam, karena adanya perkembangan teknologi,” tandasnya pada Rapat Lintas Sektoral dalam rangka pengamanan pilkades serentak tahun 2020 yang berlangsung di Aula Polres Kendal, Kamis (27/2).

Sekarang kata Kapolres, IT semakin canggih dan peserta pilkades dapat menggunakan media sosial sebagaki alat kampanye.

Hal itu kemungkinan dapat menimbulkan efek negatif,  yaitu untuk penyebaran berita hoaks dan black campaign oleh calon, tim sukses maupun masa pendukungnya.

Karenanya, para personel diminta tidak boleh underestimate dalam pelaksanaan pilkades kali ini. Demikian pula dengan jajaran Forkopimda, hendaknya bisa bersinergi untuk mendukung pelaksanaan pengamanan. Sehingga situasi di wilayah Kabupaten Kendal tetap kondusif.

Kepada para peserta Rakor Linsek,  Kapolres juga menekankan untuk selalu menjaga netralitas TNI-Polri. Disamping itu, perlu pula diantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam. Mengingat hingga akhir Maret, masih berada dalam musim penghujan.

Menyinggung masalah kemungkinan terjadinya konflik, hendaknya para petugas terkait, segera merangkul tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk menetralisir keadaan.

Sementara itu Dandim 0715 Kendal, Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar menambahkan, agar dalam pelaksanaan pengamanan pilkades serentak tahun 2020 ini, para petugas pengamanan harus turun ke lapangan dan merangkul, baik tokoh maupun seluruh warga masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain  Kepala Kesbanglinmas Kab. Kendal, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kendal, Pejabat Utama Polres Kendal, serta para Kapolsek dan Danramil di wilayah Kabupaten Kendal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *