Di Jateng Tercatat Ada 16 Orang Yang Diduga Terkena Virus Corona

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Kesehatan (Ka Dinkes) Prov Jateng, dr Yulianto Prabowo mengungkapkan, di wilayah Jawa Tengah hingga saat ini, tercatat ada 16 orang yang diduga terkena virus Corona.

Masing-masing di rawat di RSUP dr Kariadi Semarang sebanyak 10 orang, di RSU Muwardi Solo sebanyak tiga orang, dan di RSU Margono Purwokerto sebanyak tiga orang. Dari jumlah itu, tiga orang di antaranya merupakan warga negara asing, yakni berasal dari Jepang, Korea, dan China.

“Namun setelah dilakukan pemeriksaan secara detail, baik di laboratorium yang ada di Jateng maupun di Jakarta, dari 16 orang yang diduga terkena virus Corona, 15 orang di antaranya dinyatakan negatif dan diizinkan pulang ke rumah masing-masing. Hanya satu orang saja yang masuk ruang perawatan,” tandasnya kepada wartawan di Ruang Pertemuan RSUP dr Kariadi Semarang, Rabu (26/2).

Seperti diketahui, siapapun yang patut diduga terkena virus Corona, apalagi memiliki riwayat usai bepergian ke negara-negara yang marak dijangkiti virus Corona, diwajibkan untuk dirawat di rumah sakit, guna memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.

Apabila pasien dinyatakan negatif, maka hanya masuk dalam daftar pasien dalam pantauan. Namun kalau ada unsur terkena virus Corona, diwajibkan untuk masuk ruang perawatan untuk dirawat secara khusus.

Sementara dr Fathur Nurcholis SpPd, salah seorang Tim Pinere (Penyakit Inveksi Emergensi dan Re Emergensi) RSUP dr Kariadi menjelaskan, Ciri-ciri orang yang terkena virus Corona antara lain, mengalami demam, batuk, pilek, dan sesak nafas.

“Tetapi meskipun mengalami ciri-ciri seperti itu, bukan berarti pasti positif terkena virus Corona. Bisa saja karena terkena bakteri lain. Karenanya terlebih dahulu harus menjalani pemeriksaan secara detail,” katanya.

Ciri-ciri tersebut katanya, bisa menyerang siapapun, termasuk orang yang tidak bepergian ke luar negeri, juga bisa terkena. Kalau tidak segera ditangani, bisa menyebabkan orang tersebut menderita gagal nafas atau multi organ. Artinya, keseluruhan organ tubuhnya, tidak lagi berfungsi.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *