Pendaftaran SMK Negeri Jateng Mulai Dibuka 24 Februari 2020


SEMARANG (Asatu.id) – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) masuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jawa Tengah tahun ajaran 2020/2021, akan dibuka mulai 24 Februari hingga 10 April mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Jumeri mengatakan, para siswa di SMK N Jateng ini, akan digratiskan semua biaya. Mulai dari pendaftaran, biaya sekolah,  hingga biaya hidup sehari-hari sampai lulus sekolah.

“Seluruh pembiayaan dibebankan pada APBD Jawa Tengah. Negara menanggung seluruh biaya operasional dan kebutuhan harian para siswa yang bersekolah di SMK Negeri Jawa Tengah,” ujarnya di Semarang, Jumat (21/2).

Saat ini, lanjutnya, SMK Negeri Jateng memiliki tiga kampus yang berada di Semarang, Pati dan Purbalingga. Total, seluruh siswa berkapasitas 264 orang peserta didik. Kapasitas paling banyak di Kampus I Semarang 120 siswa.

“Ada lima kejuruan, yakni Bisnis Konstruksi dan Properti, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan dan Teknik Kendaraan Ringan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri Jateng Kampus I Semarang, Sriyono menambahkan bahwa lulusan dari SMK Jateng banyak diminati dunia usaha.

“90 persen siswa kami diterima pada sektor industri seperti di pertambangan, manufaktur, ataupun bidang elektronika. Sedangkan 10 persen sisanya, melanjutkan ke jenjang perkuliahan atau diterima pada instansi militer,” ungkapnya.

Untuk pendaftaran, SMK Negeri Jateng memprioritaskan bagi golongan masyarakat yang kurang mampu. Karenanya, selain seleksi administrasi yang ketat, proses rekrutmen juga melibatkan tinjauan langsung ke rumah.

Hal tersebut untuk memastikan, bahwa calon siswa benar-benar berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *