Bakti Sosial Polda Jateng, Penderita Katarak Dan Bibir Sumbing Dioperasi Gratis

SEMARANG (Asatu.id} – Sebanyak 63 wargapenderita katarak dan 17 orang penderita bibir sumbingakan segera dioperasi secara gratis di RS BhayangkaraKota Semarang. Kegiatan tersebut diselenggarakanPoda Jateng dalam acara bakti sosial. Tujuannya, untukmembantu masyarakat penderita yang kurang mampu.

Kegiatan tersebut, memperoleh sambutan antusiusdari warga masyarakat. Sehingga jumlah peserta yang mendaftar membengkak. Untuk pelaksanaan operasikatarak, seharusnya hanya ditarget 50 orang, namunyang mendaftar tercatat sebanyak 63 orang. Dan operasi bibir sumbing ada sebanyak 17 orang,” tuturKabid Dokkes Polda Jateng, Tri Yuwono Putra, Kamis(13/2).

Namun yang baru dilakukan screening untuk operasikatarak, pada hari ini baru 18 orang dan yang sudahdiscreening sebelumnya ada 18 orang, jadi total 36 orang. Sedangkan pasien lainnya, akan dilakukanmenyusul sambil menunggu perkembangan kesehatanpasien.

Setelah discreening sambungnya, pasien bisa langsungdioperasi. Tapi kalau secara medis dinilai belumsaatnya, maka akan dijadwalkan ulang. Yang jelas, parapenderita yang sudah mendaftar, pasti akan dilakukantindakan medis.

Sementara Kabid Humas Polda Jateng, Kombes PolIskandar Fitriana Sutrisna menuturkan, beberapa pasienyang sudah dilakukan tindakan operasi, menyatakanrasa syukurnya dan berterimakasih kepada PoldaJateng.

Kepada masyarakat penderita kedua penyakit tersebut, dimana pun berada, apabila berminat dapat langsungmendaftarkan diri. “Yang sudah mendaftar saat ini, adayang berasal dari Jakarta dan Kalimantan. Jadi tidakdibatasi hanya bagi warga Jawa Tengah saja,” tuturnya.

Diperkirakan, jumlah pasien yang akan dioperasi masihbisa bertambah. Sebab, dari hasil screening yang dilakukan, ada beberapa pasien yang belum saatnyauntuk dioperasi, tetapi harus melalui perawatan terlebihdahulu.

Citra, warga Kabupaten Semarang yang masih berusia10 bulan, telah sukses menjalani operasi bibir sumbing.Orang tua anak tersebut pun, menyatakan rasa syukurnya. Karena dapat mengobati putrinya dengantanpa mengeluarkan biaya serupiah pun.

Menurut rencana, selain melaksanakan kegiatanoperasi gratis bagi penderita katarak dan bibir sumbing, Polda Jateng juga merencanakan untukmenyelenggarakan bakti sosial di Blora, berupasunatan massal, penyuluhan gizi, pemeriksaan laborat, pengobatan umum, dan donor darah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *