Siaga Bencana! PMI Solo Siapkan 2 Truk Tangki Bantu Distribusi Air Bersih

SEMARANG (Asatu.id) – Palang Merah Indonesia Kota Surakarta atau biasa dikenal PMI Solo melaksanakan apel siaga dalam rangka kesiapsiagaan bencana di halaman parkir mobil PMI Solo, Kamis, (16/01).

Merespon cuaca yang sangat ekstrim pada musim ini, PMI Solo mempersiapkan personil dan peralatan yang dibutuhkan bila mana sewaktu-waktu terjadi bencana di kota solo ataupun bencana nasional. Apel siaga ini diikuti oleh 40 personil, dari staff, relawan Tenaga Suka Rela (TSR), dan Korps Suka Rela (KSR).

Tak hanya personil, PMI Solo juga menambah unit armada baru yaitu 2 truk tangki air. Kedua truk tersebut diserahkan secara simbolis kepada ketua PMI Solo H. Susanto Tjokrosoekarno, dan disaksikan Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR), dan segenap donatur.

Sumartono Hadinoto, CEO PMI Solo menuturkan bahwa belajar dari pengelaman beberapa tahun ini dimana pada musim kering, beberapa daerah disekitar kota solo sangat membutuhkan air bersih. Dimana air adalah kebutuhan pokok serta menyangkut kehidupan manusia, selama ini PMI Solo mendapatkan pinjaman truk tangki dari PMI Pusat atau juga dari PMI Provinsi Jawa Tengah. Tapi karena memang lebih banyak kebutuhanya dibanding dengan jumlah armada, maka PMI Solo menawarkan kerjasama ke beberapa perusahaan untuk menjadi donatur dalam pengadaan armada truk tangki.

Martono menambahkan bahwa, di awal kerja sama ini PMI Solo mendapatkan dukungan armada dari PT. Kramayuda melalui PT. Sun Star Motor, dan tangkinya hasil kerja sama dari CV. Wijaya Baru. Dimana PMI Solo mendapatkan dukungan sehingga terwujud 2 unit truk tangki, adapun setelah terwujudnya truk tangki ini harapannya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat solo dan sekitarnya.

Truk tangki ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, pertama, untuk membantu mendistribusikan air bersih sampai ke pelosok daerah yang membutuhkan.

“Tentunya dengan biaya yang ekonomis, karena cukup biaya bahan bakar dan pengemudi. Kedua, pada musim penghujan apabila terjadi bencana, PMI Solo juga dapat membantu menyediakan air bersih,” imbuhnya.

Ketiga, PMI Solo juga sudah koordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota surakarta, nantinya truk tangki ini akan membantu menyediakan air ketika terjadi kebakaran, sehingga truk damkar tak perlu lagi bolak balik untuk mengisi air dan harapanya api akan lebih cepat dipadamkan.

“Tak hanya truk tangki, Medical Action Team Ambulance PMI Solo juga turut membantu peran Damkar dalam bertugas, sehingga setiap Damkar bertugas Ambulance beserta tenaga medisnya juga turut berada dibelakang truk jika sewaktu-waktu dibutuhkan bantuan medis,” ujar Martono.

Untuk itu PMI Solo berharap kepada masyarakat, organisasi, instansi atau siapapun yang ingin donasi melalui PMI Solo untuk mewujudkan pengadaan armada truk tangki yang diharapkan sebanyak 6 unit untuk solo raya, pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *