Kepala BNPB Apresiasi Ganjar Kembalikan Fungsi Lahan Kawasan Hulu

KUDUS (Asatu.id) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, mengapresiasi langkah cepat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengembalikan fungsi lahan di kawasan hulu. Menurutnya, ini tindakan kongkret sebaga upaya penanggulangan bencana di kawasan hilir.

“Saya senang diajak ke sini untuk menanam bersama masyarakat. Ini kegiatan mulia, karena dengan menanam maka kita menyelamatkan masa depan masyarakat dari bencana,” kata Doni yang bersama Ganjar dan masyarakat melakukan penanaman 1000 pohon di lokasi pegunungan Patiayam Kabupaten Kudus dan pegunungan Kendeng Kabupaten Pati, Rabu (15/1).

Doni membenarkan, kerusakan hutan di wilayah hulu menjadi penyebab utama terjadinya bencana banjir. Untuk itu, reboisasi adalah upaya satu-satunya untuk mencegah terjadinya bencana.

“Karena lahan di bagian hulu sungai gundul, maka bencana selalu terjadi. Saat kemarau kita kekeringan, musim hujan kita kebanjiran. Jadi, ayo kita menanam,” pungkasnya.

Salah satu petani yang menggarap lahan di pegunungan Patiayam, Huda mengatakan, sudah berpuluh tahun menggarap lahan di lokasi itu. Diakuinya, lahan di kawasan itu memang sudah gundul.

“Kami siap menanam kembali dan ikut mengawasi. Nanti yang menebang, akan kami hukum bareng-bareng sesuai kesepakatan,” ucapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *