Kunjungi Kebumen, KSAD Saksikan Penantanganan Hibah Tanah Pemkab kepada TNI AD

KEBUMEN (Asatu.id) – TNI AD secara resmi menerima hibah tanah seluas 14.954 M2 dari Pemkab Kebumen, Sabtu (11/1).

Tanah tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan Makodim 0709/Kebumen. Penyerahan ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Bupati KH Yazid Mahfudz dengan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mohamad Efendi.

Acara penandatanganan yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati, disaksikan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa yang dalam waktu bersamaan sedang melakukan kunjungan kerja di Kebumen.

Jenderal bintang empat itu juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dan Direktur Utama (Dirut) PD Citra Mandiri Jateng, terkait pengembalian aset tanah dan bangunan okupasi TNI AD milik PD Citra Mandiri yang berlokasi di Kebumen.

Hadir sejumlah pejabat dari TNI dan jajaran pemerintah kabupaten, seperti kepala OPD, Aster Kasad, Aslog Kasad, Kapolres Kebumen, Dandim 0709 dan institusi terkait lainnya.

Sebelum menyaksikan penandatanganan penyerahan tanah hibah, KSAD juga berkesempatan mengunjungi lokasi tanah yang berada di Jalan Lingkar Selatan. Kunjungan orang pertama di jajaran TNI AD tersebut tampaknya steril dari liputan media massa.

Menurut informasi, agenda utama kunjungan KSAD di Kabupaten Kebumen adalah untuk memberikan pengarahan kepada prajurit TNI, PNS dan Persit Kodim 0709 Kebumen di Hotel Mexolie.

Mengenai hibah tanah dari Pemkab Kebumen untuk TNI AD,
Bupati Yazid Mahfudz menyampaikan bahwa tanah yang dihibahkan berada di timur Terminal Bus Kebumen, tepatnya di Jalan Lingkar Selatan Dukuh Ketraman, Desa Adikarso Kecamatan Kebumen. Tanah tersebut tercatat dalam Kartu Inventaris Barang (KIB) Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen.

“Luasnya 14.954 m2, belum bersertifikat. Berupa tanah bangunan terminal darat dan masih dalam proses penyerahan P3D (personel, prasarana, pembiayaan dan dokumentasi) ke Kementerian Perhubungan,” kata Yazid Mahfudz.

Menurut bupati, awalnya Dandim 0709/Kebumen mengajukan permohonan hibah tanah dengan menunjuk lokasi yang sebelumnya digunakan RSUD Kebumen. Lokasinya di Jalan Rumah Sakit Nomor 13 Dukuh Bojong Kelurahan Panjer, seluar 29.448 m2.

Ternyata dalam komplek itu terdapat bangunan cagar budaya, dan sebagian digunakan untuk shelter ODGJ dan bangunan Sekretariat Bersama. Untuk memastikan aset tanah idle atau belum dimanfaatkan di lokasi tersebut, Pemkab Kebumen melakukan pengukuran dengan BPN dengan hasil luasan 1,5 hektar.

Karena kondisi itu, akhirnya Kodim 0709/Kebumen menunjuk permohonan ulang hibah tanah untuk Makodim yang berada di Jalan Lingkar Selatan Dukuh Ketraman, Desa Adikarso Kecamatan Kebumen. Tanah tersebut tercatat dalam KIB Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen seluas 50.017 m2.

Untuk memastikan aset tanah idle atau belum dimanfaatkan di lokasi itu Pemerintah Kabupaten Kebumen melakukan pengukuran dengan BPN dengan hasil luasan 14.954 m2.

“Kami menyetujui hibah atas tanah tersebut dan beberapa ada lahan di tempat lain. Yakni tanah yang digunakan untuk Pos Koramil Bonorowo dan Pos Koramil Poncowarno,” ujar bupati.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *