Antisipasi Peningkatan Penumpang Nataru, PT KAI Daop 4 Siapkan Kereta Tambahan

SEMARANG (Asatu.id) – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan berdampak pada naiknya jumlah penumpang kereta api. Untuk memghadapi momen rutin tahunan itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang telah melakukan antisipasi dengan menyiapkan kereta api (KA) maupun gerbong tambahan. 

“Jumlah penumpang Nataru tahun ini diperkirakan mencapai 463.432 penumpang. Atau naik sekitar lima persen dari jumlah penumpang Nataru tahun 2018 sebesar 441.364,” kata Kepala PT KAI Daop 4 Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, Jumat (29/11).

Berkaitan dengan itu, menurut Nurul Huda, pihaknya telah menetapkan masa angkutan Nataru tahun ini selama 18 hari, yakni mulai 19 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020.

“Kami memperkirakan keberangkatan KA tanggal 22 dan 29 Desember 2019 sebagai tanggal favorit masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api,” katanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Nataru, di samping tetap menjalankan 81 KA penumpang reguler, PT KAI Daop 4 Semarang juga siap mengoperasikan 12 KA tambahan, terdiri dari empat KA Daop 4 Semarang dan delapan KA yang melewati Daop 4 Semarang.

“Empat kereta tambahan dari pengajuan Daop 4 Semarang, yakni KA Sancaka Utara trayek Kutoarjo – Surabaya Pasar Turi PP, KA Darmawangsa rute Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen PP, KA Argo Cirebon melayani Pemalang – Gambir dan KA Kaligung, yang semula Semarang Poncol – Brebes diperpanjang hingga Cirebon,” tambah Nurul Huda.

PT KAI, lanjut Nurul Huda, juga siap melakukan penambahan gerbong kereta. Setidaknya ada enam KA reguler yang akan ditambah gerbongnya jika memang terjadi lonjakan jumlah penumpang.

Rincinya, KA Argo Muria, KA Argo Sindoro, KA Sembrani, KA Matarmaja, KA Brantas dan KA Kertajaya. Masing-masing kereta itu disiapkan dua gerbong tambahan.

Tiket KA jarak jauh reguler pada masa Nataru sudah dapat dibeli mulai H-30 keberangkatan atau 19 November 2019 di seluruh kanal resmi penjualan tiket kereta api, seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id dan lainnya.

Sedang untuk KA Lokal, tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *