Pagari Pantai, Bawa Kodim 0733 BS/Smg Jadi Runner up Lomba Binter 2019

SEMARANG (Asatu.id) – PENANAMAN mangrove menjadi semangat Kodim 0733 BS/Semarang untuk ikut membentengi kawasan pesisir pantai kota Semarang dari ancaman abrasi.

Keterlibatan anggota dengan turun langsung ikut menanam pohon mangrove, saat ini telah mengubah kawasan yang panas tanpa penghijauan menjadi kawasan hijau dengan ratusan ribu tanaman mangrove yang siap berbuah.

“Penanaman manggrove merupakan keikutsertaan satuan dalam menjaga pantai dari abrasi yang terus terjadi. Anggota bersama masyarakat terlibat langsung dalam membentengi pantai dari gerusan ombak,” ungkap Komandan Kodim 0733 BS/Semarang Kolonel Kav Zubaedi,S.Sos,MM, saat dihubungi melalui telepon, Jumat (29/11).

Kolonel Zubaedi menjelaskan, penanaman merupakan salah satu bentuk nyata pembinaan teritorial yang dilakukan di wilayah Kota Semarang sebagai kota besar ke lima yang memiliki kawasan petbukitan dan kawasan pantai.

“Selain penanaman mangrove di kawasan pesisir utara Kota Semarang, pembinaan teritorial juga dilakukan di 16 kecamatan lainnya yang disesuaikan karakter wilayah. Seperti kawasan Gunungpati yang didominasi pertanian, pembinaan dan pendampingan juga dilakukan dibidang pertanian,” urainya.

Selain pendampingan, tahun 2019 Kodim 0733 BS juga melakukan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) dimana, anggota terlibat langsung dalam pembangunan rumah warga.

“Selain RTLH, pembangunan jamban, jalan dan jembatan juga dilakukan sebagai kegiatan penataan wilayah,” tambahnya.

Kolonel Kav Zubaedi,S.Sos,MM mengaku bersyukur dimana semangat kerja jajaran telah membuahkan hasil menjadikan Kodim 0733 BS/Semarang menjadi terbaik ke-2 lomba Binter 2019.

Predikat terbaik ke-2 bidang pembinaan teritoriar (Binter) jajaran TNI AD tahun 2019, berhasil diraih Kodim 0733 BS/Semarang setelah menyisihkan 43 pesaingnya sesama Kodim dengan wilayah besar lainnya.

Tidak saja menjadi kebanggaan jajaran, namun kodim 0733 BS Semarang juga membuktikan wakil Kodam IV/Diponegoro mampu berprestasi diajang nasional.

Mewakili Kodam IV/Diponegoro, Kodim Semarang menyisihkan 43 kodim tipe A lainnya. Penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Dasar (Kasad)Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D, Jumat (29/11) di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta. Posisi pertama diraih Kodim Jaya, Jakarta.

Pemberian penghargaan dilaksanakan dalam kegiatan Apel Danrem dan Dandim TNI AD Terpusat Tahun 2019 di Mabesad, Jakarta Pusat.

Dalam lomba Binter 2019, Kodam IV/Dipenegoro diwakili dua Kodim yakni Kodim BS/Semarang mewakili kodim tipe A dan Kodim Tegal wakil Kodim tipe B.

Pembinaan teritorial di Kota Semarang sebagai kota terbesar ke lima, memiliki banyak tantangan. Dimana kota dengan penduduk yang sangat majemuk dari sisi kegiatan memerlukan konsentrasi lebih dalam pengawasannya.

“Penghargaan dari Kasad merupakan wujud nyata keberhasilan Kodim 0733 BS/Semarang sebagai satuan komando kewilayahan dalam rangka melaksanakan tugas-tugas teritorial dan kewilayahan di Kota Semarang,” katanya.

Pendim/BS.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *