Bank Jateng Syariah Ajarkan Gemar Menabung Kelola Uang Saku

SEMARANG (Asatu.id) – Bank Jateng Syariah pada kegiatan Bulan Inklusi Keuangan mengadakan kegiatan di SD Sendangmulyo 04 Selasa (22/10).

Acara tersebut pada kesempatan ini dihadiri oleh Kasubdiv Dana dan Treasury Bank Jateng Syariah, Amrina Rosyada. Amrina menyampaikan kepada orang tua siswa serta mengajak siswa untuk dapat mengelola uang saku dengan bijak.

“Sejak dini, kita harus membimbing siswa anak-anak kita untuk bijak mengelola uang saku. Uang saku jangan dibelanjakan semua, melainkan harus disisihkan untuk ditabung,” tutur Amrina.

Menurut Amrina, sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada siswa bagaimana mengelola uang saku dengan benar. Kegiatan ini adalah wujud amanah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melaksanakan Bulan Inklusi Keuangan di bulan Oktober ini.

“Melalui kegiatan ini, Bank Jateng Syariah mengajak orang tua siswa dan siswa untuk gemar menabung. Jangan sampai uang saku dari orang tua habis untuk jajan,” ujarnya.

Salah satu produk andalan dari Bank Jateng Syariah adalah tabungan IB Simpel (Simpanan Pelajar) bagi siswa. Saldo dan setoran awal hanya Rp 10.000 saja.

Nantinya, pembukaan tabungan dilakukan secara kolektif di sekolah. Setiap seminggu sekali petugas dari Bank Jateng Syariah akan mengajak siswa untuk menabung dengan mendatangi sekolah.

Diharapkan dengan kunjungan setiap minggu dapat lebih mendekatkan dan mengenalkan tabungan IB Simpel Bank Jateng Syariah pada anak-anak yang akan memacu semangat menabung pada mereka.

Sementara itu, Psikolog Dyah Indah Noviyanti sebagai narasumber acara tersebut mengatakan, prinsip dalam pengelolaan uang saku yaitu sebaiknya diberikan oleh orang tua seminggu sekali bukan setiap hari.

Dengan uang saku seminggu, maka melatih anak untuk mengelola uang saku mereka.

“Beri kepercayaan anak untuk mengelola secara mandiri. Buat kesepakatan atau batasan penggunaan uang. Ada konsekuensi jika pengelolaan uang melebihi batas. Lakukan evaluasi atau diskusi pengelolaan uang antara orang tua dan anak,” paparnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *