Saka Milenial Diminta Jadi Buzzer Kebaikan

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng, Siti Atikoh Ganjar Pranowo, melantik pengurus Saka Milenial Jawa Tengah di Kampus 4 Universitas PGRI Semarang, Selasa (8/10). Saka Milenial adalah gerakan pramuka yang ditugaskan menjadi agen kebaikan di era milenial ini.

Siti Atikoh yang juga istri Gubernur Jateng itu, meminta agar semua pengurus Saka Milenial Jateng yang sudah dilantik segera bekerja.

“Selamat bekerja, saya tunggu inovasinya. Saya harap, Saka Milenial dapat menjadi tempat berbagi pengalaman khususnya dalam hal literasi digital untuk menjawab tantangan era globalisasi saat ini,” ucapnya.

Ikut hadir dalam pelantikan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Tenaga Ahli Kemenkominfo Doni Budi, dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Gubernur Ganjar dalam sambutannya meminta Saka Milenial menjadi agen perubahan. Di tengah arus informasi media sosial saat ini, Saka Milenial harus segera melakukan gerakan untuk menyebarkan informasi yang baik.

“Harapannya setelah dilantik, pengurus Saka Milenial langsung melakukan pelatihan literasi digital, latihan membuat konten yang baik. Mereka harus segera menyampaikan isu yang baik untuk mencounter isu buruk di media sosial dengan nilai-nilai pramuka yang ada,” kata Ganjar yang juga Ketua Mabida.

Ganjar menambahkan, beragam nilai-nilai kebaikan yang ada dalam pramuka harus menjadi landasan dalam bergerak. Nilai Dasa Dharma dan Tri Satya pramuka seperti cinta kasih, kebaikan, kemanusiaan dan lainnya diharapkan segera tersampaikan.

“Saya minta agar Saka Milenial menjadi buzzer kebaikan untuk siapapun. Dengan cara itu, maka mudah-mudahan dapat melawan hal-hal yang negatif dari media sosial, misalnya hoaks, narkotika, terorisme, idiologi radikal dan sebagainya,” tegasnya.

Ganjar juga berharap, apa yang dilakukan Jateng dengan membentuk Saka Milenial dapat menginspirasi daerah lain. Kemudian, mereka bersama-sama membentuk hal serupa di daerahnya agar penyebaran informasi baik semakin meluas.

Sementara itu Drs. M. Agung Hikmati Pimpinan Saka Milenial terpilih menyatakan, siap untuk melaksanakan amanat Ketua kwarda dan Ketua mabida tersebut.

“Sesuai dengan krida yang ada di saka milenial maka langkah pertama yang akan dilakukan adalah segera mensosialisasikan Saka Milenial ke Kwarcab-kwarcab agar segera membentuk kepengurusan yg sama dengan yang sudah dibentuk di tingkat kwarda”, jelas Agung seusai dilantik.

Saat ini, lanjut Agung sudah ada 5 kwarcab yang telah membentuk saka milenial yakni Demak, kebumen, rembang, blora, brebes.

“Dengan terbentuknya saka milenial di tingkat kwarcab maka tugas saka milenial untuk melakukan literasi digital dan internet sehat kepada masyarakat dapat secara masiv dilakukan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Kamabisaka Milenial yang sekaligus Kepala Diskominfo Prov Jateng Riena Retnaningrum SH menyatakan, pihaknya akan mendorong para kepala dinas kominfo di Kab kota se Jateng untuk mensupport secara penuh kegiatan2 Saka Milenial di daerahnya masing2 sebagai wujud komitmen dukungan penuh kepada Gubernur Ganjar Pranowo dalam upaya memberitakan hal hal baik dan melawan hoax.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *