Anggota DPRD Kabupaten/Kota di Jateng Digembleng

SEMARANG (Asatu.id) – Anggota DPRD kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah diharapkan bisa terus menjalin komunikasi serta menjalankan fungsi dan tugasnya, khususnya terkait legislasi dan kontrol. Di sisi lain, komunikasi dan keterbukaan merupakan kunci untuk meningkatkan integritas legislatif dan eksekutif di masing-masing kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat membuka Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Periode 2019-2024 di Ballroom Ramayana, Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang, Senin (7/10).

“Era digitalisasi dan era industri 4.0 ini menuntut kita semua untuk keterbukaan. Maka di sini lebih lagi integritas kita pertanggungjawabkan. Integritas ini yang diharapkan oleh masyarakat, tuntutan yang paling utama,” kata Taj Yasin.

Gus Yasin, panggilan akrab Wagub menjelaskan, jabatan sebagai anggota DPRD merupakan amanah yang diberikan oleh masyarakat. Tuntutan dan tanggung jawab berat yang diletakkan di pundak sebagai wakil rakyat. Maka menjadi wajar dan sah apabila ada masyarakat yang ingin suaranya di dengar, seperti yang terjadi pada 24 September 2019 lalu.

“Kalau ada yang dianggap kontroversi atau tidak sesuai, maka masyarakat serentak akan turun. Kedewasaan masyarakat sekarang menuntut penuh keterbukaan kita semua. Jadi, wakil rakyat berarti menjadi insan berintegritas,” jelasnya.

Demi meningkatkan integritas tersebut, Wagub berpesan agar semua anggota dewan bisa menjalin komunikasi yang baik kepada pimpinan daerah, masyarakat dan instansi lainnya. Selain itu anggota dewan juga harus bisa menjadi fungsi kontrol terhadap berjalannya program daerah.

“Sekarang ini kita bisa mendengar dan menjaring apa yang diinginkan masyarakat melalui media. Masyarakat itu membutuhkan pelayanan yang cepat, mudah, dan murah. Lalu soal legislasi yang menjadi tanggung jawab legislatif apakah juga sudah tepat bagi masyarakat. Semua itu membutuhkan komunikasi, baik dengan pimpinan daerah, masyarakat, maupun instansi lain,” papar pria yang akrab disapa Gus Yasin ini.

Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Mohamad Arief Irwanto menambahkan, kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Periode 2019-2024 tersebut diikuti oleh 115 anggota DPRD dari Kabupaten Kebumen, Kota Pekalongan, dan Kota Tegal. Terdiri dari 50 anggota DPRD Kabupaten Kebumen, 35 anggota DPRD Kota Pekalongan, dan 30 anggota DPRD Kota Tegal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *