Horison Nindya Semarang Bakal Rutin Gelar Donor Darah

SEMARANG (Asatu.id) – Horison Nindya Semarang bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, menggelar donor darah ke empat kalinya sejak diresmikan, Rabu (11/9/19).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 9 pagi hingga berakhir pada pukul 1 siang ini digelar di ruang pertemuan Horison 3 lantai 2 berhasil menarik minat para tamu dan undangan dari perusahaan sekitar hotel dan juga karyawan. Tercatat kurang lebih 70 karyawan Hotel Horison Nindya dan tamu dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk orang yang membutuhkan.

Dr. Cita, petugas PMI Kota Semarang, mengungkapkan bahwa sebelum melakukan donor darah, calon pendonor darah harus mengetahui beberapa persyaratan khusus antara lain mengisi formulir biodata dan catatan kesehatan.

“Yang pertama itu harus sehat, berat badan itu minimal 45 kg, tidur minimal 4 jam, tidak meminum obat selama 3 hari, dan kalau wanita tidak sedang menyusui atau sedang hamil,” tuturnya saat ditemui di ruang pertemuan Horison Nindya.

Setelah calon pendonor menyerahkan formulir yang sudah terisi, selanjutnya tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) kota semarang ini akan memeriksa dengan teliti seputar kadar Hemoglobin, golongan darah, tekanan darah maupun berat badan calon pendonor.

Cita menambahkan, di kesempatan ini, setidaknya ada 20 orang calon pendonor yang terpaksa ditolak karena tidak memenuhi persyaratan kesehatan. Calon pendonor yang ditolak tersebut akan tetap bisa mendonorkan darahnya di bulan berikutnya tergantung kondisi kesehatannya.

“Kita juga memperhitungkan waktunya. Biasanya mulai dari awal sampai akhir itu jarak waktu yang dibutuhkan 4 jam karena berhubungan sama kualitas darahnya dan tersimpan dalam cool box,” tandasnya.

Ukieto Tsugie ( Marcomm Manager ) mengatakan, di kegiatan hari ini pihaknya menargetkan sebanyak 60 kantong darah untuk disumbangkan dengan tujuan membantu PMI dalam penyaluran ke beberapa unit PMI dan RS yang membutuhkan sehingga Bank donor bisa tercukupi ketika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selama kegiatan berlangsung telah terkumpul 50 kantong darah.

Mengusung tema “ We Care blood Donation “ diharapkan bisa membentuk mindset positif kepada individu dengan melakukan hal yang sederhana, tetapi bisa menjadi hal yang luar biasa dan mulia dalam menyelamatkan hidup orang lain.

Dan tidak kalah serunya, Horison Nindya juga memberikan apresiasi untuk peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah dengan memberikan give away berupa room voucher complimentary bagi peserta yang beruntung dengan mengupload kegiatan selama donor darah di laman Instagram masing-masing.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *