Jokowi Targetkan Seluruh Tanah di Jateng Bersertifikat pada 2024

SUKOHARJO (Asatu.id) – Seluruh tanah di Jawa Tengah pada 2024 ditargetkan telah bersertifikat. Target tersebut disampaikan Presiden Jokowi, saat menyerahkan 3.000 sertifikat tanah di GOR Pandawa Kabupaten Sukoharjo, Jumat (6/9).

Jokowi mengatakan, saat ini jumlah sertifikat tanah yang diterbitkan di Jawa Tengah masih terlalu sedikit dari semestinya.

“Saat ini hanya berjumlah 12 juta sertifikat di Jawa Tengah padahal semestinya jumlahnya mencapai 21 juta sertifikat,” katanya.

Presiden menargetkan semua kekurangan sertifikat tersebut bakal tuntas pada 2024 atau sesaat sebelum menyelesaikan jabatannya. “Nanti 2024 seluruh tanah di Jateng atau sebanyak 21 juta sertifikat akan kita selesaikan,” bebernya.

Jokowi yakin target penerbitan 9 juta sertifikat kekurangan bakal rampung dalam lima tahun. Terlebih setiap tahun secara nasional target penerbitan sertifikat selalu mengalami kenaikan.

“Dulu biasanya setiap tahun hanya menerbitkan 500 ribu sertifikat. Ya masyarakat bisa menunggu sampai 160 tahun baru dapat sertifikat tanahnya. Isinya nunggu, nunggu, dan nunggu. Padahal masyarakat pengin yang cepat,” terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Ditambahkan, kenaikan penerbitan sertifikat langsung digenjot bahkan sampai 10 kali lipat. Jika pada 2014 hanya 500 ribu sertifikat tanah maka pada 2015 melonjak 5 juta penerbitan sertifikat tanah. Pada 2019 ini juga bakal terselesaikan penerbitan 9 juta sertifikat tanah.

“Mestinya ada 126 juta sertifikat yang terbagi di seluruh tanah air, tapi pada 2015 hanya 46 juta sertifikat,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen bersyukur dengan upaya presiden untuk menyelesaikan seluruh kekurangan sertifikat di Jawa Tengah. Menurutnya, itu salah satu pemicu masyarakat untuk berwirausaha atau meningkatkan usahanya.

“Kan bisa digadaikan. Tapi ya harus digadaikan untuk sektor yang produktif. Jangan cuma untuk beli kendaraan,” tegasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *