Upaya Kembangkan Wisata Bahari, Festival Karimunjawa Siap Digelar

SEMARANG (Asatu.id) – Setelah sukses pada penyelenggaraan pertama tahun lalu, Festival Karimunjawa akan kembali digelar tahun ini, tepatnya mulai 6 – 8 September mendatang. Kegiatan ini akan dipusatkan di Alun-alun Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng Nugroho Rachmadi, tujuan diselenggarakannya Festival Karimunjawa antara lain sebagai upaya pemprov dan Pemkab Jepara dalam mengembangkan wisata bahari.

Selama ini, lanjut Sinoeng, Karimunjawa dikenal sebagai kepulauan yang sangat eksotis dan menjadi destinasi yang sangat menarik. Karimunjawa juga menawarkan sisi lain dari budaya Jawa.

“Dengan penyelenggaraan festival tahun ini, tentu nilai Karimunjawa akan bertambah. Wisatawan bisa melihat sekaligus menikmati sisi lain dari budaya Jawa. Apa yang ditampilkan di Karimunjawa itu sangat khas dan unik,” kata Sinoeng.

Mantan Kepala Satpol PP Jateng itu juga memaparkan, setidaknya ada tujuh kegiatan yang akan meramaikan penyelenggaraan Festival Karimunjawa 2019. Yaitu Live in Duta Wisata Jateng, Aksi Karimunjawa Bersih, Pameran, Lomba Mancing, Lomba Menyanyi, Atraksi Kesenian dan Pentas Musik.

“Harus kita akui, Pulau Karimunjawa itu sangat indah. Alam dan budayanya sangat luar biasa. Warna warni dari keindahan itulah yang dirangkum dalam Festival Karimunjawa 2019. Wisatawan yang berkunjung pasti dibuat terpukau. Kesan dan experiencenya sangat kuat,” tutur Sinoeng, seakan mengiyakan pernyataan yang pernah dilontarkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beberapa waktu sebelumnya tentang nilai keindahan Karimunjawa.

Pada penyelenggaraan festival ke-2 tahun ini, semua potensi destinasi wisata Karimunjawa akan ditampilkan. Konten budaya yang disajikan itu selalu ditunggu publik.

“Kami optimistis, penyelenggaraan Festival Karimunjawa 2019 semakin banyak menarik arus wisatawan, khususnya mancanegara,” kata Sinoeng.

Sinoeng menambahkan, Festival Karimunjawa 2019 tentu menjadi media branding yang sangat ideal. Kehadiran para wisatawan akan memberi banyak keuntungan. Selain alam dan budayanya, kuliner di Karimunjawa juga sangat enak dan otentik.

“Karimunjawa sangat lengkap. Semuanya masih sangat otentik di sana. Festival Karimunjawa 2019 jadi moment terbaik menikmati semua. Sebab, semua keindahan Karimunjawa ditampilkan. Dan, aktivitas ini membawa pengaruh positif. Konservasi alam dan budaya berjalan, lalu masyarakat mendapat value secara ekonomi. Kami tunggu Anda di Festival Karimunjawa 2019,” tandas Sinoeng.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *