Kuliah Gratis di Cina, 10 Siswa SMK Texmaco Pamitan Wagub

SEMARANG (Asatu) – SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak 10 siswa SMK Texmaco Semarang, bakal menempuh kuliah gratis di Universitas Yangzhou Polytechnic College, Cina.

Dengan didampingi guru dan orang tua atau wali murid, para siswa tersebut menemui Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen untuk berpamitan, di rumah dinas Wagub, Rabu (4/9) lalu. Mereka juga memohon dukungan dan doa sebelum berangkat ke Negeri Tirai Bambu pada 11 September 2019 mendatang.

“Cita-cita saya menjadi programer. Saya sangat senang dan bersyukur mendapat beasiswa kuliah di Cina. Kami ingin bertemu dengan Pak Wakil Gubernur untuk pemitan sebelum berangkat ke Cina,” ucap Rifky Bintang Febriansyah (18), salah satu siswa.

Kepala SMK Texmaco Semarang, Nur Alimah menjelaskan, program kerja sama YPPIT Texmaco dengan perguruan tinggi di Cina dan SEAMEO ini terjalin sejak 2015. Pada tahun ajaran sebelumnya SMK Texmaco mengirimkan tiga siswa lulusannya berangkat ke Henan. Sedangkan tahun ajaran 2019 mengirimkan 10 siswa ke Cina.

Ia menyebutkan, 10 penerima beasiswa yang terdiri dari empat putra dan enam putri tersebut merupakan siswa dengan nilai rata-rata rapor semester I sampai V masuk peringkat 10 besar. Mereka akan kuliah jenjang diploma III dengan waktu tempuh selama empat tahun. Pada satu tahun pertama, mereka khusus mempelajari bahasa, kemudian tiga tahun berikutnya belajar pelajaran akademik sesuai jurusan. Antara lain teknologi komputer, financial management, dan internasional bisnis.

“Untuk biaya kuliah dan asrama gratis selama menempuh pendidikan, sedangkan biaya hidup dan ansuransi ditanggung pribadi,” kata Alimah.

Karena itu, pihak sekolah dan keluarga siswa memohon dukungan dan doa dari Pemprov Jateng, agar para calon mahasiswa lulusan SMK Texmaco yang akan berangkat ke Cina dapat menempuh pendidikan dengan lancar. Mereka pulang ke Tanah Air mampu menerapkan ilmunya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengapresiasi program kerja sama antara SMK Texmaco dengan sejumlah perguruan tinggi luar negeri. Salah satunya dengan Universitas Yangzhou Polytechnic College Cina.

“Program kerja sama dengan perguruan tinggi di Cina ini telah berkontribusi dalam pembangunan pendidikan Jawa Tengah. Kerja sama  bidang pendidikan seperti ini sangat dibutuhkan guna mencetak sumber daya manusia  berkualitas,” ujarnya.

Putera ulama kharismatik Alm KH Maimoen Zubair itu menjelaskan, pada periode kedua kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo, pihaknya fokus menggarap dunia pendidikan guna mempersiapkan sumberdaya manusia berkualitas. Dengan begitu meningkatkan daya saing bangsa di masa depan, ekonomi Jateng akan terdongkrak, kesejahteraan masyarakat meningkat, dan kemiskinan menurun.

“Kita akan menyiapkan SDM berkualitas. Biasanya yang menjadi kendala pertama adalah kerasan atau tidak ketika berada di negeri orang. Jadi  penyesuaian itu penting. Selain itu dukungan keluarga juga tidak kalah penting, apalagi ini adalah tugas mulia. Saya berharap setelah kembali dari Cina dapat menerapkan ilmunya dan bekerja dengan baik,” pintanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *