Anggota DPRD Jateng Masa Bakti 2019-2024 Dilantik, Rukma: Terima Kasih Semua Pihak

SEMARANG (Asatu.id) – Rapat Paripurna DPRD Jateng dengan agenda pelantikan anggota DPRD Jateng terpilih masa jabatan 2019-2024, berlangsung di Gedung Berlian, Selasa (3/9). Rapat dibuka oleh Ketua DPRD Jateng Dr. Rukma Setyabudi.

Rukma yang didampingi keempat wakilnya, yakni Sukirman, Ahmadi, Heri Pudyatmoko, dan Ferry Wawan Cahyono, menyampaikan apresiasinya kepada anggota dewan periode 2014-2019 yang telah selesai masa baktinya. Ia berharap anggota dewan tersebut tetap berperan dalam pembangunan Jateng ke depannya.

“Terima kasih kepada gubernur dan semua pihak, khususnya masyarakat Jateng, atas kerjasamanya selama ini,” kata Politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada kesempatan itu mengatakan, semua pencapaian baik berupa prestasi dari wakil rakyat terdahulu bisa tetap dilanjutkan. Sedang bagi DPRD yang dilantik, mampu berkolaborasi aktif dengan pihak eksekutif untuk menyelesaikan urusan di segala bidang.

“Beberapa catatan penting yang disusun dengan Taj Yasin, saya harapkan Dewan yang baru bisa mendukung program-program yang telah dicanangkan, seperti di bidang pendidikan dan kesehatan,” kata gubernur.

Sebanyak 120 anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah masa jabatan 2019-2024, resmi dilantik melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Sri Sutatiek, memandu pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Jateng dengan didampingi masing-masing pemuka agama.
Usai pembacaan sumpah/janji, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan agama.

Sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2014-2019 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2019-2024, maka keanggotaan DPRD Jateng periode 2014-2019 dinyatakan berakhir.

Pada periode 2014-2019 lalu, jumlah kursi di DPRD Jateng tercatat 100 kursi, namun pada periode 2019-2024 naik menjadi 120 kursi, 54 kursi di antaranya masih diduduki petahana atau wajah lama.

Dari total keseluruhan, PDI Perjuangan mendominasi dengan 42 kursi. Disusul kemudian dengan PKB 20 kursi, Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Demokrat 5 kursi, dan Nasdem 3 kursi.

Untuk pimpinan sementara DPRD Jateng, PDI Perjuangan yang memeroleh kursi terbanyak telah menunjuk Bambang Kusriyanto sebagai pimpinan atau ketua sementara. Sedang Partai Kebangkitan Bangsa sebagai peraih kursi terbanyak kedua menunjuk Sukirman untuk menjadi wakil ketua sementara.(adv)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *