Ganjar Ikut Sambatan Bongkar Rumah Dua Warga Miskin Blora

BLORA (Asatu.id) – Mbah Dami (82), warga Punggur Tunjungan, Blora hanya bisa duduk melihat rumahnya dibedah, Selasa (27/8). Tidak tanggung-tanggung, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ikut terlibat dalam proses pembongkaran yang dilakukan secara gotong royong.

Ganjar mendapat bagian tugas menerima genteng dari anggota Pramuli (Pramuka Peduli) yang juga ikut bersama-sama membongkar atap rumah Mbah Dami.

“Ayo sing kae dimudunke (ayo yang itu diturunkan),” kata Ganjar pada beberapa anggota Pramuli yang berada di atap.

“Siap pak,” teriak para anggota Pramuli.

Selain Pramuli, di atap rumah Mbah Dami juga berdiri sejumlah orang yang turut sambatan, gotong royong merenovasi rumah tidak layak huni. Mereka membongkar satu persatu bagian rumah Mbah Dami yang didominasi gedhek atau anyaman bambu.

Mbah Dami, nenek yang hidup sebatang kara hanya bisa nyawang, melihat rumahnya dirobohkan oleh tetangganya, anggota Pramuka dan Ganjar. Dia tidak menduga dan tidak berangan-angan untuk membangun rumah gedheknya. Suami telah meninggal, anak dia tidak punya. Bahkan ketika berbincang dengan Ganjar, matanya nampak berkaca-kaca.

“Matur nuwun sanget. Nggih mboten nyangka menawi badhe didandani. Lha wong dhahar mawon nderek ponakan (Terima kasih banget. Saya tidak menyangka rumah ini bakal direnovasi. Makan saja saya numpang keponakan),” katanya.

Tidak hanya rumah Mbah Dami, Ganjar juga turut sambatan merenovasi rumah Mbah Sarijah (76) yang letaknya tidak jauh dari rumah Mbah Dami. Di sana juga telah beraksi puluhan anggota Pramuli dan masyarakat. Sejurus kemudian Ganjar langsung terjun membantu menggarap pondasi.

“Ini ada puluhan anggota Pramuka Peduli, Pramuli yang gotong royong. Mereka ikut di Jambore Daerah XV di sini. Dan ini adalah salah satu kegiatannya,” kata Ganjar.

Bisa sambatan bareng Gubernur, anggota Pramuli tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu. Mereka minta izin pada Ganjar untuk istirahat sejenak dan berfoto. Karena dari sekian banyak aksi yang mereka lakukan, baru kali ini bisa bekerja bareng Gubernur.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *