Wagub Jateng : Membangun dan Mengembangkan Pariwisata, Jangan Mudah Puas

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen mengapresiasi positif munculnya banyak desa wisata atas inisiasi masyarakat. Di sisi lain, Wagub berpesan agar pihak-pihak terkait tidak mudah puas dalam membangun desa wisata tersebut, sehingga terus ada improvisasi dan terjadi inovasi.

“Masyarakat kita kelemahannya mudah puas. Kalau sudah punya satu, sudah puas. Tidak mau mengembangkan. Padahal kalau kita bicara ilmu pariwisata, ya harus ada ketertarikan untuk terus menggali,” kata wagub dalam acara Media Gathering di Omah Mbudur, Magelang, Senin (19/8) malam.

Gus Yasin, panggilan akrab Wagub berpandangan, akan lebih baik jika pembangunan suatu objek wisata tidak diselesaikan dalam skala besar secara langsung, tetapi bertahap dengan diikuti promosi yang terus menerus di setiap tahap pembangunannya.

Apalagi, saat ini promosi pariwisata Jawa Tengah dinilainya masih tergolong kurang. Melalui promosi yang masif, diharapkan objek wisata Jawa Tengah dikenal masyarakat luas.

“Kalau kita naik pesawat, biasanya ada majalah pariwisata. Namun, jarang kita temukan konten pariwisata Jateng. Yang ada Bunaken lah, Bali, Lombok. Jateng masih kurang. Maka ini kita butuh sinergi antara pemerintah, pegiat wisata dan jurnalis,” bebernya.

Ditambahkan, untuk pengembangan suatu objek wisata, pelaku dan pegiat wisata dapat menjaring ide dari masyarakat asing dengan berbagai cara. Namun, yang mesti menjadi catatan, pengelolaan tetap di tangan pelaku atau pegiat wisata dalam negeri. Tujuannya agar masyarakat pribumi tidak hanya bisa menjadi penonton, ketika objek wisata yang dikelola berkembang pesat.

“Dari rakyat untuk rakyat. Itu yang saya cita-citakan. Karena kalau tidak menjadi milik pribumi, pribumi menjadi rentan dipinggirkan,” tuturnya.

Pembangunan pariwisata, sambungnya, memiliki tujuan yang tidak semata-mata untuk mempromosikan daerah di Jateng. Tapi, yang lebih penting adalah menjadi salah satu sarana mengentaskan kemiskinan.

Media Gathering tersebut juga menampilkan pembahas lain, yakni Ketua PWI Jateng Amir Machmud dan pegiat pariwisata, Agus, dengan moderator Ketua Ikatan Jusnalis Televisi Indonesia Jateng, Teguh Hadi Prayitno.

Ikut hadir Kepala Dinas Kominfo Jateng, Riena Retnaningrum, Kepala Disporapar Jateng Sinoeng R Nugroho dan Sekda Kabupaten Magelang mewakili Bupati.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *