Rukma: Era Serba Digital, Efisiensi Harus Dilakukan

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua DPRD Jateng, Rukma Setya Budi, sepakat dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan memeringati HUT Kemerdekaan RI ke-74. Menurutnya, efisiensi harus dilakukan. Apalagi, di era serba digital, kunker pejabat sudah tidak perlu lagi. Cukup minta dikirimkan data atau telepon kalau mau belajar dari daerah lain.

Hal itu disampaikan Rukma kepada wartawan di sela menghadiri Sidang paripurna untuk mendengarkan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 oleh Presiden Joko Widodo, di ruang rapat paripurna DPRD Jateng, Jumat (16/8).

Tampak hadir, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sekda Jateng Sri Puryono, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi, para kepala OPD, ratusan siswa teladan dan guru teladan se-Jateng, pengurus BEM perguruan tinggi se-Jateng, komunitas difabel, hingga pejuang angkatan 45.

Rukma mengatakan, dengan adanya digitalisasi dan seiring perkembangan zaman yang menghadapi revolusi 4.0, lembaga parlemen memang dituntut untuk bekerja dengan sistem modern. Untuk mewujudkan parlemen yang modern itu, anggota legislatif harus lebih tanggap terhadap teknologi.

“Bekerja dengan cara-cara digital itu cukup relevan dan bagus. Kami bahkan sudah menjalankannya,” imbuh Rukma.

Rukma menambahkan secara keseluruhan dirinya mengapresiasi Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi. Ia menilai apa yang disampaikan Jokowi dalam pidatonya sangat ringkas, padat, dan sesuai substansi.

Menurut politikus PDIP itu ada 13 poin yang coba disampaikan Jokowi dalam pidatonya menjelang peringatan HUT ke-74 RI.

“Presiden tadi menyampaikan beberapa poin, mulai dari persatuan dan kesatuan, Pancasila yang harus tetap dijunjung sebagai ideologi, memaksimalkan revolusi 4.0, dan banyak lagi. Intinya Presiden ingin loncatan-loncatan yang maju dan bukan alon-alon waton kelakon seiring perkembangan teknologi yang cepat,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *