Mengintip Potensi Penggemukan Domba Batur yang Berdaya Jual Tinggi

BANJARNEGARA (Asatu.id) – Dari beragam jenis domba, domba Batur, yakni domba khas Banjarnegara, mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Domba tersebut pertumbuhannya cepat, sehingga menguntungkan untuk usaha penggemukan.

Peternak domba batur asal Dieng Kulon yang tengah mengikuti Festival Domba Batur, Sabtu (3/7), Panut Sambodo menuturkan, pakan domba batur memang dua kali lipat dibandingkan dengan jenis domba yang lain. Namun cepat gemuk, sehingga menguntungkan peternak. Induknya juga mudah dikembangbiakkan.

“Pasarnya gampang sekali. Sebulan paling tidak saya bisa menjual 40 ekor dan itu pun saya tidak sering ke pasar (hewan). Pembeli berdatangan cukup dengan telepon,” katanya di Lapangan Arjuna.

Panut mengaku baru saja menjual 200 ekor domba batur ke sebuah perusahaan. Ada satu ekor yang dijual dengan harga Rp20 juta karena beratnya lebih dari 100 kg. Sebanyak 199 ekor lainnya dijual rata-rata dengan harga Rp3 juta.

Daya jual yang tinggi tersebut, menurutnya, karena memang domba batur memiliki berbagai keunggulan. Antara lain memiliki daya adaptasi yang baik terhadap lingkungan sehingga cocok dipelihara di daerah bercuaca dingin, mudah digemukkan, dan mudah dikembangbiakkan. Selain itu, tekstur dagingnya lebih empuk dan kadar lemaknya lebih rendah, kotorannya bisa dimanfaatkan untuk pupuk dan diolah menjadi biogas.

Potensi ekonomi yang sangat tinggi itu beberapa tahun terakhir menjadi perhatian Pemkab Banjarnegara. Saat ini, Pemkab Banjarnegara sudah membentuk UPTD yang menangani pembibitan domba batur.

“Meski baru dibentuk, tapi keberadaannya sangat strategis untuk pelestarian dan pengembangan domba batur. Melalui unit ini, diharapkan pengamanan plasma nutfah dan pengembangan inseminasi buatan bisa berjalan,” harap Panut.

Selain membentuk UPTD, lanjutnya, upaya yang sudah lebih dulu dilakukan adalah pemberian fasilitasi bantuan pendampingan dan pembinaan kepada peternak dan menyelenggarakan festival domba batur agar lebih dikenal dan menaikkan nilai jual secara signifikan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *