Yudi Mardiana : Kesadaran Masyarakat Semarang Membayar Pajak Sangat Tinggi

SEMARANG (Asatu.id) – tinggi. Hal ini dilihat dari pendapatan pajak dari sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB) per tanggal 19 Juni 2019 sudah mencapai 32 persen, dari target Rp 380 miliar.

“Dibanding dari tahun lalu tingkat kesadaran masyarakat semakin tinggi. Untuk pendapatan dari sektor PBB sendiri per tanggal 19 Juni 2019 sudah mendapatkan 32 persen, dari target Rp 380 miliar, itu sudah cukup signifikan,” katanya, saat membuka Pekan Panutan Pembayaran Pajak PBB Tahun 2019, di Hall Balaikota Semarang, Kamis (20/6).

Untuk pekan panutan pembayaran pajak PBB sendiri, Bapenda Kota Semarang menyediakan tiga fokus tempat pembayaran pajak, yakni di Balaikota Semarang, Kantor Gubernur Jawa Tengah, dan di Kecamatan Banyumanik.

“Dari tiga lokasi itu, kita menghasilkan sekitar Rp 20 miliar, ini merupakan jumlah yang luar biasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yudi mengungkapkan, peningkatan pendapatan pajak tersebut juga dipengaruhi oleh kemudahan yang ditawarkan oleh Pemerintah Kota Semarang kepada masyarakat untuk membayar pajak. Salah satunya yakni dengan sistem online.

“Program online sangat mendukung, sekarang bayar pajak dari rumah bisa, berapa sih yang harus dibayar, kita lebih memudahkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu untuk Pajak hiburan, Yudi menerangkan untuk memaksimalkan pendapatan dari sektor pajak hiburan yang meliputi Hotel, restauran dan tempat hiburan pihaknya sudah menerapkan sebuah alat baru untuk memantau yakni web servise.

“Dengan alat ini kita bisa memantau dari setiap transakisi dari tempat hiburan itu, kalau alat yang dulu kan bisa dimatikan dari sana. Nah untuk alat ini kita tanamkan di server tempat hiburan itu, sehingga bisa kami pantau,” paparnya.

Untuk target sendiri, Yudi mengungkapkan pajak dari sektor hiburan ditarger sebesar Rp 1,4 triliun untuk tahun 2019. “Keseluruhan sudah mencapai 38 persen, dan ini akan kita genjot trus,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *