Pantauan Komisi D DPRD Jateng, Arus Balik Lancar

MAGELANG (Asatu.id) – Intensitas arus balik dari jalur selatan mulai menurun. Hal tersebut terlihat dari mulai berkurangnya penumpang bus di Terminal Tidar, Kota Magelang.

Demikian kesimpulan Komisi D DPRD Jateng setelah meninjau terminal tersebut, Rsbu (12/6). Ketua Komisi D, Alwi Basri, juga turut memberikan apresiasi yang sangat besar kepada petugas dari Dinas Perhubungan yang siap siaga 24 jam termasuk dalam melaksanakan tugas pemantauan mudik-balik Lebaran 2019. Selain itu juga tidak ada keterlambatan yang cukup parah saat bus yang hilir mudik melalui Terminal Tidar.

“Walaupun ada penurunan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan umum karena beralih kendaraan pridadi. Kami berikan apresiasi para petugas bekerja dengan baik. Kondisi macet tidak sampai berdampak mempengaruhi keterlambatan bus yang masuk ke Terminal Tidar Magelang. Terlebih lagi banyak masyarakat lebih menggunakan kendaraan pribadi, sehingga penggunaan kendaraan umum menurun,” jelas legislator PDI Perjuangan itu.

Turut menambahkan, Wakil Ketua Komisi D, Hadi Santoso, mengharapkan jajaran Dinas Perhubungan untuk lebih menyosialisasikan penggunaan transportasi umum. “Kami harap untuk jajaran dinas untuk lebih meningkatan penggunaan transportasi publik untuk bepergian,” tambah dia.

Menanggapi hal itu, Kepala Terminal Tidar Magelang BPTD Wilayah 10 Jateng DIY, Eko Priyono menjelaskan penurunan armada bus berbanding dengan menurunnya jumlah pemudik yang menggunakan kendaran umum. Namun, jumlah kedatangan bus AKAP dan AKDP paling tinggi H-3. Tercatat ada 503 bus yang datang dengan 3.759 penumpang, sedangkan untuk keberangkatan ada 680 bus dengan 3.549 penumpang.

“Menurunnya jumlah pemudik menggunakan kendaraan umum karena lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sosialisasi sudah dilakukan di antaranya mendorong pemudik untuk lebih memakai kendaraan umum,” jelasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *