Jelang Lebaran, 9 Bank Buka Layanan Penukaran Uang

Jelang Lebaran, 9 Bank Buka Layanan Penukaran UangSEMARANG (Asatu.id) – Bank Indonesia (BI) Kanwil Jateng seperti tahun-tahun sebelumnya kembali menggelar kegiatan penukaran uang menjelang hari raya Idul Fitri. Tak sendiri, kali ini 8 bank swasta lainnya turut serta dalam kegiatan tersebut.

Selain BI, bank lain yang turut serta membuka layanan penukaran uang menggunakan mobile banking keliling antara lain Bank Jateng, Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan Maybank.

Kepala Perwakilan BI Jateng Soekowardojo mengatakan, pihaknya bersama seluruh perbankan telah menyiapkan 109 titik layanan penukaran uang di seluruh wilayah Jateng, termasuk di semua rest area jalur mudik.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, biasanya jelang hari raya Idul Fitri kebutuhan uang kartal masyarakat semakin meningkat. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan menjamin kebutuhan masyarakat akan uang tercukupi, BI membuka layanan penukaran uang di luar kantor bekerjasama dengan sejumlah perbankan,” katanya, Senin (20/5).

Dalam acara pembukaan pelaksanaan Penukaran Uang Bersama Perbankan di GOR Tri Lomba Juang, Senin (20/5) pagi, Soekowardojo turut mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penarikan atau penukaran uang sesuai dengan jumlah dan jenis pecahan yang dibutuhkan.

Masyarakat diimbau agar melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan resmi yang diselenggarakan BI dan perbankan di wilayah Indonesia serta pihak-pihak lain yang ditunjuk oleh BI. Apalagi penukaran uang secara resmi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Tidak dapat kita pungkiri akhir-akhir ini marak pemberitaan soal kasus uang palsu di masyarakat. Yang apabila itu terjadi, maka dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Sehingga, selain membuka loket penukaran uang, kami juga memberikan bekal informasi kepada masyarakat tentang bagaimana mengenal ciri-ciri keaslian uang rupiah,” katanya.

Sebagai tambahan, pelaksanaan layanan penukaran uang di GOR Tri Lomba Juang Semarang akan berlangsung secara bergantian mulai tanggal 20 s/d 23 Mei 2019. Loket penukaran pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB atau jumlah nomer antrian telah mencapai 800.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *