Ganjar Minta Nelayan Jateng Tak Perlu Mencari Ikan

SEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta para nelayan di Jawa Tengah untuk tidak mencari ikan. Menurut Gubernur Jateng dua periode ini, sudah saatnya nelayan Jateng naik kelas dari sekadar mencari ikan menjadi menangkap ikan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan pengarahan di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Rabu (15/5). Menurut Ganjar, dengan kemajuan teknologi saat ini, nelayan tidak perlu susah mencari ikan di lautan, karena pencarian ikan sudah dapat dilakukan dengan peralatan yang canggih.

“Sudah tidak zamannya lagi nelayan sekarang mencari ikan, sekarang itu konsepnya nelayan hanya menangkap ikan, yang mencarikan adalah pemerintah,” kata Ganjar.

Saat ini, lanjut Ganjar, sudah ada alat bernama Fishfinder. Alat tersebut dapat digunakan untuk melihat di mana lokasi ikan berada, sehingga para nelayan dapat langsung menuju ke lokasi ikan yang sedang berkumpul itu.

“Saya pernah tanya ke LIPI dan perguruan tinggi, sebenarnya bagaimana untuk mencari lokasi ikan. Jawabannya ikan itu bisa terpantau dari plankton yang ada yang biasanya dapat ditangkap dari satelit, biasanya berwarna merah-merah. Nah kalau sudah kelihatan itu, tinggal dikirimkan saja signal itu kepada para nelayan melalui gadgetnya masing-masing untuk menuju ke lokasi,” papar Ganjar.

Dengan peralatan canggih tersebut, maka nelayan sudah memiliki kepastian tujuan saat melaut. Dan tujuan tersebut sudah dipastikan ada ikannya, sehingga mereka akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Jadi tidak perlu lagi muter-muter nyari ikan, langsung ke lokasi, tebar jaring dan bawa pulang ikan. Sudah saatnya nelayan Jateng naik kelas, tidak cukup menjadi nelayan tradisional,” tambahnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *