Jateng in Fashion Siap Pertemukan Desainer Ternama dengan Pelaku UMKM

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Ketua Dekranasda Jateng, Rini Sri Puryono berpendapat, Jateng dikenal sebagai salah satu provinsi penghasil batik dengan cita rasa seni yang sangat tinggi. Selain karena akar budaya yang kuat, Jateng juga memiliki pengrajin batik yang sangat produktif dalam menghasilkan kain-kain batik dengan teknik dan ciri khas kabupaten/kota.

“Pada tahun 2019 ini kami bermaksud mempertemukan desainer ternama dengan para pelaku UMKM di Jawa Tengah yang dikemas dalam event Jateng in Fashion dengan harapan menjadi agenda tahunan dan pada saatnya nanti menjadi event fashionyang setara dengan fashion nasional yang terlebih dahulu dilakukan oleh beberapa daerah, seperti Jakarta, Yogyakarta, Makassar dan lainnya,” ujar Rini pada acara peluncuran Jateng in Fashion2019 bertajuk “Tradisi Pertiwi” di Gedung Grhadhika Bhakti Praja, Sabtu (11/5).

Rini berharap, event Jateng in Fashion 2019 yang perdana digelar ini dapat memotivasi pengrajin batik agar mampu berkreasi dan memroduksi kain batik menjadi aneka produk siap pakai sebelum dijual, seperti pakaian hingga aneka aksesori.

Salah seorang desainer kondang asal Kota Semarang, Ina Priyono menyambut baik penyelenggaraan Jateng in Fashion 2019. Pasalnya, di Jateng ada lebih dari seratus desainer, namun yang aktif mengikuti peragaan busana untuk memamerkan karya rancangannya baru sekitar 60 desainer.

“Kami berterima kasih kepada Pemprov Jateng karena dunia fashion kita di Jawa Tengah bisa terangkat dan menjadi tujuan wisata,” paparnya.

Sementara itu, Herry S dari butik Bebby Batik Art juga mengaku antusias menyambut pagelaran perdana event fashion di Jateng itu.

“Acara besok itu memang luar biasa, desainernya nasional, model-modelnya juga nasional yang diambil dari daerah-daerah di Jawa Tengah. Kalau Semarang, Jawa Tengah mengadakan acara fashion itu luar biasa, benar-benar gebrakan untuk fashion,” ujarnya sembari tersenyum.

Sejumlah desainer asal Kota Semarang (Ina Priyono, Rossalia Regina, Dimas Santoeso, Ferry Setiawan, dan Heri Subagyo), Surakarta (Uzy Fauziah), (Astrid Ediati), Cilacap (Indria Aryanto), Yogyakarta (Essy Masita dan Tari Made), dan Jakarta (Athan Siahaan) turut memeriahkan peragaan busana pada sore itu.

Sebagai informasi, event Jateng in Fashion 2019 yang dihelat di PRPP pada 30 Agustus hingga 1 September mendatang mencakup beberapa kegiatan, seperti pameran, carnival, talkshow dan workshop, sertarunway fashion show. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *