KPU Jateng Tetapkan Rekapitulasi Hasil Pemilu, Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin Ungguli Prabowo-Sandi

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Yulianto Sudrajat mengatakan, proses rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2019 sudah digelar sejak Senin (6/5) lalu dan berakhir pada Minggu (12/5) dinihari. Proses dilakukan secara marathon tanpa jeda, hanya istirahat untuk salat dan buka puasa.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pemilu di Jateng. Semoga hasil malam ini menjadi bukti bahwa pemilu di Jateng berkualitas dan bermartabat, aman, nyaman dan kondusif,” ucapnya.

Selain itu, Yulianto juga mengatakan hasil pemilu di Jateng ini ia dedikasikan kepada seluruh masyarakat, khususnya para petugas pemilu yang meninggal dunia.

“Pemilu ini kami dedikasikan kepada kawan-kawan kami yang telah meninggal dunia. Sampai hari ini, ada 97 petugas pemilu di Jateng yang gugur. Kami dalam posisi berduka, namun bagaimanapun proses ini harus tetap berjalan,” tegasnya.

Usai proses penetapan rekapitulasi hasil pemilu, para peserta rapat pleno terbuka yang terdiri dari anggota KPU, Bawaslu, Forkompimda Jateng dan para saksi mengikuti deklarasi damai.

Deklarasi damai tersebut dilakukan oleh FKUB Jateng yang dipimpin oleh Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Darodji.

Di lain sisi, Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan pemilu di Jateng tahun 2019 ini berjalan damai, lancar, jujur, adil dan demokratis.

“Sejak tahapan awal hingga akhir malam ini, semua berjalan kondusif. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada masyarakat yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu,” kata dia.

Rycko menambahkan, hasil koordinasi dengan TNI/Polri dan KPU, hasil rekapitulasi surat suara Jateng akan dibawa ke KPU Pusat pada Senin (13/5) pagi. “Nantinya surat suara itu akan dikawal penuh oleh TNI/Polri sampai di titik akhir,” pungkasnya.

Sementara itu, di Jawa Tengah, hasil perolehan suara calon Presiden dan calon wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin unggul dengan perolehan suara 16.825.511. Sementara pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh hasil 4.944.447.

Total suara yang masuk ke KPU Jateng sebanyak 22.376.472. Dari jumlah itu, sebanyak 606.514 surat suara dinyatakan tidak sah. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *