Disdikbud Diminta segera Selesaikan Persoalan Aset

SEMARANG (Asatu.id) – Sejak kewenangan SMA, SMK dan SLB berada di tangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, ada banyak persoalan yang belum sepenuhnya selesai. Salah satunya, kepemilikan aset di mana banyak sarana dan fasilitas pendidikan yang berdiri bukan di atas aset milik pemerintah.

Hal itu diketahui dalam pemaparan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jateng, Jumeri, di hadapan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di ruang rapat Disdikbud, Selasa (7/5). Dalam laporannya, Jumeri mengatakan, setidaknya ada 120 satuan pendidikan yang berdiri di atas tanah bukan milik pemerintah Provinsi Jateng.

“Ada yang berdiri di atas lahan instansi lain, tanah Bandha Desa hingga tanah milik perorangan,” kata Jumeri.

Pihaknya mengatakan akan segera berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait penyelesaian aset tersebut. Diharapkan dalam waktu dekat, semua persoalan aset dapat diselesaikan sehingga tidak muncul permasalahan di kemudian hari.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta Dinas Pendidikan segera menyelesaikan persoalan kepemilikan aset tersebut. Dia memberikan target, dalam waktu beberapa bulan ke depan, satu persatu permasalahan aset dapat diinventarisasi dan upaya penyelesaiannya.

“Kepala Dinas yang baru ini harus cepat menyelesaikan itu. Harus segera diinventarisasi untuk dicarikan solusinya,” katanya.

Ganjar menerangkan, memang masih ada berberapa aset lembaga pendidikan SMA, SMK dan SLB di Jateng yang masih milik pihak lain, baik instansi vertikal, lembaga lain maupun perseorangan. Beberapa di antaranya dapat diselesaikan, baik dengan mekanisme hibah atau dengan pembelian.

“Namun ada beberapa yang belum selesai. Ada yang minta dibayar, ada yang sudah dibeli namun kurang bayar, dan lain sebagainya. Nah, Kepala Dinas Pendidikan yang baru ini memiliki tugas untuk segera menyelesaikan ini. Semoga dalam waktu dekat dapat dicarikan solusi, apakah dengan mekanisme hibah atau menyiapkan anggaran untuk membeli dan sebagainya,” ungkapnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *