Puncak Hari Kartini, PKK Jateng Terima Kado Istimewa

REMBANG (Asatu.id) – Bank Indonesia (BI) memberi kado istimewa untuk kaum hawa Jawa Tengah pada puncak Peringatan Hari Kartini ke-140 di Rembang, Kamis (25/4). Kado tersebut berupa buku silabus Kartini Mengajar yang nantinya diberikan kepada seluruh anggota PKK.

Kepala Perwakilan BI Jateng Suko Wardoyo mengatakan, buku tersebut memang disusun untuk pemberdayaan perempuan.

“Kita me-launching silabus Kartini Mengajar. Isinya beberapa materi yang kemungkinan dibutuhkan wanita untuk pengembangan ekonomi. Ke depan mungkin ada PKK yang membutuhkan pemberdayaan, kami menyiapkan materinya sesuai kebutuhan lokalitas sehingga mereka mampu meningkatkan kualitas,” katanya.

Suko menyampaikan, materi yang terkandung di buku tersebut, di antaranya materi pertanian, nelayan, pembatik sampai soal pengelolaan keuangan. Selain itu, dalam buku tersebut juga disiapkan materi pemasaran digital.

“Itu yang kita latih para perempuan, karena mereka yang sebagai bendahara keluarga. Kami ingin berkontribusi dalam pemberdayaan wanita harapannya mampu jadi pemicu penurunan kemiskinan,” paparnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut kado itu sebagai modal Kartini masa kini agar mampu meningkatkan peran di era serba digital ini. Dia meyakini, salah satu alasan Kartini mampu dikenang sampai sekarang karena berani melakukan dobrakan.

“Sebenarnya, Kartini ketika membuat buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ itu sedang melakukan dobrakan dan lompatan peradaban. Yang akhirnya kelompok perempuan terdorong untuk mandiri, bisa setara dan lainnya,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI ini melanjutkan, pergerakan perempuan saat itu di Indonesia maupun Jateng merupakan buah dari pergerakannya Kartini. Jika sekarang peradaban sudah masuk era digital, maka kaum Kartini pun harus masuk menyesuaikan.

“Sekarang semua serba digital. Tadi BI membantu bagus sekali, pelatihan dan pemberdayaan kemandirian ekonomi. Sampai teknis pengelolaan keuangan, keterampilan serta pemasaran digital dan memberikan buku silabus Kartini,” bebernya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *