Keliling Daerah, Komisi A DPRD Jateng Apresiasi Kinerja KPU

KEBUMEN (Asatu.id) – Komisi A DPRD Jateng memberikan apresiasi terhadap kinerja KPU yang telah sukses menyelenggarakan Pemilu 2019. Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi A Ali Mansyur di hadapan komisioner KPU Kebumen, Selasa (23/4).

Kepada Ketua KPU Kebumen Yulianto, Ali menyatakan, perjuangan rekan-rekan pejuang demokrasi telah rela menguras waktu dan tenaga demi memperjuangkan hak konstitusi rakyat.

“Di media elektronik dan televisi sungguh luar biasa. Perjuangan mereka sampai ke TPS terjauh melewati sungai dan gunung merupakan perjuangan ekstra keras,” ucapnya.

Dilihat dari beberapa daerah, partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran pemilu di atas 75% dan sudah mencapai target, tentu saja tidak mengurangi pelaksanaan pesta demokrasi ini.

“Salah satu cara menanggulangi politik secara sistemik kembali pada proporsional tertutup, kalau dibiarkan seperti ini belum tentu tiap pemilu suasana tidak baik, di sisi lain situasi lapangan juga harus dikondisikan,” imbuh Ali Mansyur saat dialog berlangsung.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Yulianto mengatakan pada pemilu ini ada 4.538 TPS yang tersebar di 26 kecamatan. Semangat KPPS untuk menyukseskan pemilu sangat tinggi. Bahkan ada dua anggota KPPS mengalami keguguran saat ada di TPS.

KPU Kebumen memiliki problem tersendiri terutama pada logistik. KPU terpaksa meminjam 50 kotak untuk menampung surat suara. KPPS juga ikut partisipasi dalam penjagaan, tidak hanya 5 saja, ini menjadi problem kesehatan. Untuk proses pengiriman logistic kami bekerjasama dengan kantor pos.

“Terkait antisipasi terjadi gugatan, untuk formulir C1 sudah disimpan di database. Kami juga menyediakan tim entry, pemindai (scanner) dan validasi ulang. Itu semua kami kerahkan demi pesta demokrasi, “ imbuh Yulianto. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *