Angkasa Pura Salurkan Pinjaman Kemitraan Rp 715 Juta

SEMARANG (Asatu.id) – PT Angkasa Pura I (Persero) kembali menggelontorkan dana pinjaman kemitraan tahap I sebesar Rp 715.000.000 yang diberikan kepada 13 mitra binaan. Pada tahun 2019, total pinjaman kemitraan yang akan disalurkan sebesar Rp 2.030.000.000. Pemberian dana pinjaman ini sejalan dengan komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mengembangkan potensi-potensi UKM dan usaha-usaha mandiri baru khususnya di Provinsi Jawa Tengah.

Acara penyaluran kemitraan kepada 13 mitra binaan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang yang diawali dengan pembacaan laporan penyaluran kemitraan oleh Shared Services Department Head dan dilanjutkan dengan sambutan dari PTS General Manager, Rabu (24/4).

PTS General Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Dedy Sri Cahyono menyampaikan penyaluran pinjaman kemitraan merupakan bentuk kepedulian PT Angkasa Pura I (Persero) terhadap para UKM di Provinsi Jawa Tengah.

“Dalam hal ini, pinjaman dengan bunga lunak sebesar 3% menurun per tahun diberikan kepada para pengusaha kecil menengah, dengan harapan dapat menjadikan mereka sebagai pengusaha yang tangguh dan mandiri serta berdaya saing tinggi. Dengan demikian dapat mendorong pengusaha kecil menjadi lebih bankable dan menyerap tenaga kerja di sekitarnya,” ungkap Dedy.

Pinjaman tersebut disalurkan kepada mitra binaan dengan kisaran masing-masing antara 30 juta sampai dengan 100 juta rupiah. Pada tahun 2019 ini direncanakan akan dilaksanakan sebanyak 3 tahap penyaluran. Selain itu pada program penyaluran tahap I tahun 2019  ini, dari 13 mitra binaan terdapat 10 mitra binaan baru dan 3 mitra binaan lanjutan.

Sebelum para mitra binaan mendapatkan persetujuan penyaluran pinjaman, terlebih dahulu dilaksanakan proses survei dan evaluasi oleh Tim terhadap proposal pinjaman dari calon mitra binaan. 13 mitra binaan yang berhak mendapatkan pinjaman adalah sebagai berikut :

1.Sinar Abadi Logam (Pengrajin Kuningan)

2.Kaepang Brass (Pengrajin Kuningan)

3.UD. Nirwana Brass (Pengrajin Kuningan)

4.Najma Collection (Tenun ATBM)

5.Batik Tulis Bakaran Bu Sri P. Sarni (Pengrajin Batik)

6.UD. Bonanza (Pengrajin Kuningan)

7.Lestary Agency (Agen Koran & Majalah)

8.Kub Tlogo Kreasi (Kerajinan Sulam Pita)

9.Toko Hadi Jaya (Toko Kelontong)

  1. HS. Collection (Konveksi)
  2. Sarlyn Accessories (Kerajinan&Accessories)
  3. Setya Fashion (Konveksi)
  4. Tan Pau San (Produsen Kecap)

Selain dalam bentuk pendanaan, para mitra binaan juga dapat diberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan manajemen usaha, fasilitas promosi melalui pameran kepada mitra binaan terpilih, kesempatan pemagangan ke mitra binaan unggulan bandara lain untuk bertukar ilmu, pengalaman, wawasan dan display produk di ruang VIP Pemprov Jateng juga kesempatan melakukan pameran di Galerry UKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

“Kami berharap kepada mitra binaan dapat memanfaatkan pinjaman yang diterima dengan sebaik-baiknya dan dana tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan usaha sesuai permohonan, sehingga dapat meningkatkan usaha serta menjadi manfaat bagi lingkungan sekitarnya” tambah Dedy. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *