Ini Prediksi Caleg Hasil Pileg 2019 yang Lolos ke Parlemen

Ini Prediksi Legislator Hasil Pileg 2019 yang Lolos ke ParlemenSEMARANG (Asatu.id) – PDI Perjuangan diprediksi akan menguasai mayoritas kursi di DPRD Kota Semarang, usai pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 pada 17 April lalu. Berdasarkan perolehan suara partai di Kota Semarang, yang bersumber dari C1 dan beberapa saksi dari partai politik, PDI Perjuangan diperkirakan akan memperoleh 18 hingga 19 kursi, dari 50 kursi yang ada di DPRD Kota Semarang.

Asumsi 18 hingga 19 kursi untuk PDI Perjuangan tersebut berasal dari Dapil I (Kecamatan Semarang Tengah, Semarang Timur, Semarang Utara) yang memperoleh 3 kursi, Dapil II (Kecamatan Gayamsari, Genuk, dan Pedurungan) 4 kursi, Dapil III (Kecamatan Candisari dan Tembalang) 3 kursi, dan Dapil IV (Banmyumanik, Gajahmungkur, dan Gunungpati) 3 kursi, Dapil V (Mijen, Ngaliyan, Tugu) 2 kursi, dan Dapil VI (Semarang Barat dan Semarang Selatan) 3 kursi.

Jumlah ini tersebut naik tiga sampai empat kursi dari Pemilu sebelumnya, yang hanya memperoleh 15 kursi. Namun masih dimungkinkan PDIP bisa bertambah, karena keputusan resmi akan dikeluarkan dari perhitungan Real Count KPU Kota Semarang.

Untuk urutan kedua, ketiga, dan keempat peringkat perolehan kursi tertinggi diraih oleh Gerindra, Demokrat, dan PKS yang sama-sama memperoleh 6 kursi. Sedangkan PKB perolehan kursinya naik dari periode sebelumnya yang hanya mendapatkan 4 kursi, menjadi 5 kursi. Partai lainnya, Golkar memperoleh 3 kursi dan PAN memperoleh 2 kursi.

Dua partai yang semula diprediksi tak memperoleh kursi, Nasdem dan PSI justru merebut empat kursi di DPRD Kota Semarang. PSI memperoleh dua kursi dari Dapil I dan Dapil II, sementara Nasdem memperoleh dua kursi dari Dapil I dan III.

Terkait hal itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kadarlusman saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan rekap secara mandiri berdasarkan dari hasil formulir C1 yang diperoleh dari saksi.

“Target awal kami memang 18 sampai 20 kursi, untuk perhitungan sementara yang dilakukan secara mandiri menunjukan angka 18 atau 19 kursi, dengan angka itu berarti kami sudah aman,” katanya.

Namun demikian, untuk jumlah keseluruhan partai, pihaknya belum dapat menjabarkan lebih jauh.

“Untuk perolehan total jumlah suara kita menunggu keputusan resmi dari KPU. Sementara ini kami akan terus lakukan  rekap dari sumber C1 yang diperoleh dari para saksi,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris DPC Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso menegaskan, pihaknya juga sedang melakukan pendataan suara dari rekap formulir C1 yang diperoleh dari para saksi. Dia memperkirakan, partainya memperoleh 6 kursi di DPRD Kota Semarang.

“Memang agak meleset dari target, namun inilah hasil terbaik yang sudah diperoleh para kader yang dipasang sebagai caleg di Kota Semarang. Semoga nanti hasilnya sesuai dengan keputusan KPU,” katanya.

Terpisah, Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono belum bisa merinci perolehan suara partainya. Saat ini kader PKS masih menghitung dengan melakukan rekap data C1 dari para saksi.

Hal yang sama juga dilakukan Ketua DPC PKB Kota Semarang, Soemarmo HS.

“Kami masih melakukan rekap data dan belum selesai. Sebenarnya target kami 7 kursi, tapi mungkin meleset dua kursi dari target,” katanya.

 

Prediksi Anggota DPRD Kota Semarang 2019-2024:

Dapil I (Kecamatan Semarang Tengah, Semarang Timur, Semarang Utara)

-PDIP (Trifena Weyatin Soehendro, Supriyadi, Novi Sukmawati Ayuningrum)
-Gerindra (Joko Santoso)
-Demokrat (Swasti Aswagati)
-PKS (Abdul Wahab)
-Nasdem (Budiharto)
-PSI (Melly Pangestu)

Dapil II (Kecamatan Gayamsari, Genuk, dan Pedurungan)

-PDIP (Hanik Khoris Solihah, Dyah Ratna Harimurti, Adi Subkan, Rahmulyo Adiwibowo,  Meidiana  Kuswara)
-Gerindra (Nunung Sriyanto)
-Demokrat (Sugi Hartono)
-PKS (Sifin Almufti)
-Golkar (Wisnu Pudjonggo)
-PKB (Sodri, Muhammad Hayyi Wildani)

Dapil III (Kecamatan Candisari dan Tembalang)

-PDIP (Lely Purwandari, Dibyo Sutiman, Bambang Sri Wibowo)
-Gerindra (Herlambang Prabowo)
-Demokrat (Danur Rispriyanto)
-PKS (Jauhar Awaludin)
-Nasdem (Suryanto)
-PKB (Rohaini)

Dapil IV (Banmyumanik, Gajahmungkur, dan Gunungpati)

-PDIP (Giyanto, Nungki Sundari, Djoko Riyanto)
-Gerindra (Hermawan Sulis S)
-Demokrat (Suciati)
-PKS (Muhammad Afif)
-Golkar (Anang Budi Utomo)
-PAN (Umi Surotud Diniyah)
-PKB (Gumilang FW Alias Febri Soemarmo)

Dapil V (Mijen, Ngaliyan, Tugu)

-PDIP (Kadarusman, R Yuwanto)
-Gerindra (Mualim)
-Demokrat (Wiwin Subiyono)
-PKS (Suharsono)
-PAN (Wachid Nurmiyanto)
-PKB (Juan Rama)

Dapil VI (Semarang Barat dan Semarang Selatan)

-PDIP (Rukiyanto, Joko Susilo, Fajar Rinawan)
-Demokrat (Wahyoe Winarto)
-Gerindra (Abdul Madjid)
-PKS (Johan Rifai)
-Golkar (Erry Sadewo)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. mazzu berkata:

    bagaimana anda tau prediksi hasil pileg disemarang?
    metode hitung apa yang menjadi acuanya?
    benar atau hoax berita ini ?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *