Rukma: Pemuda Magelang Harus Peduli Politik

MAGELANG (Asatu.id) – Sebagai pemuda hendaknya tidak acuh tak acuh terhadap politik. Sebab, disadari atau tidak, banyak hal dalam kehidupan kita ditentukan oleh proses politik.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, dalam acara ‘Penguatan Sistem dan Implementasi Politik Pemerintah’, yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jateng di Rumah Makan Kebon Tebu Kota Magelang, akhir pekan lalu.

“Untuk menentukan besaran uang sekolah, harga-harga sembako misalnya, itu butuh proses politik. Sehingga, penting kiranya memahami politik tidak hanya pada saat tahun politik seperti sekarang tapi juga dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Legislator PDI Perjuangan itu.

Ia menambahkan, politik bukan semata-mata mengenai cara mendapatkan suara untuk memenangkan kandidat ataupun cara-cara yang harus dilakukan untuk mencapai kekuasaan. Terlebih, politik merupakan cara berinteraksi dan berpartisipasi dalam berbagai sisi kehidupan yang seharusnya digunakan untuk mencapai kepentingan masyarakat.

Namun demikian, di depan ratusan Pemuda Magelang yang hadir dalam pertemuan yang bertema ‘Peningkatan Budaya Politik dalam Kerangka Wasbang dan Ideologi Negara bagi Pemuda’ itu, doktor di bidang administrasi publik itu tetap mewanti-wanti agar tidak golput. Pasalnya, meski tidak memilih itu merupakan hak, namun hal itu tidak bertanggungjawab. Boleh berbeda pilihan tapi tetap wajib menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sebagai pemuda, sebagai generasi milenial yang bertanggung jawab, tetap datang ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada 17 April nanti. Pilihlah yang terbaik sesuai logika, akal sehat, dan hati nurani. Karena, itu kewajiban yang harus ditunaikan sebagai warga negara yang baik,” tutupnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *