Penerima Bantuan Listrik Gratis untuk Sragen Bertambah

SRAGEN (Asatu.id) – Jumlah rumah penerima Program bantuan listrik murah dan hemat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah untuk Sragen dipastikan meningkat.

Semula pada 2018, tercatat jumlah penerima saluran listrik ada 150 rumah. Untuk tahun ini jumlah ditambah menjadi 640 rumah miskin. Jumlah penerima bantuan program Pemprov Jateng itu berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) TNP2K.

Ketua Komisi D DPRD Jateng, Alwin Basri, mengakui sampai sekarang ini masih banyak rumah warga miskin yang belum teraliri listrik. Terbukti banyak rumah belum memiliki KwH Meter. Untuk bisa mendapatkan saluran listrik, kebanyakan dari mereka masih menggantungkan pada saudara maupun tetangga.

“Kami akan pantau dan kawal program bantuan listrik gratis ini agar tepat sasaran terhadap warga miskin,” jelas politikus PDI Perjuangan itu di sela tinjauan terhadap warga penerima bantuan listrik murah dan hemat di Kecamatan Sumberlawang, Sragen, akhir pekan lalu.

Anggota Komisi D DPRD Jateng, Untung Wibowo Sukowati menjelaskan, dari hasil pantauan di lapangan bantuan tersebut sudah tepat sasaran bagi warga miskin. Beberapa tempat yang sudah dikunjungi semua telah teraliri listrik.

“Sekarang ini sedang meninjau rumah Pak Sarju, Desa Jembolang, Kecamatan Sumberlawang. Ada beberapa tempat lagi yang akan kami survei nanti,” jelas pria asal Bumi Sukowati itu.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid ketenagalistrikan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Imam Nugraha HS menyampaikan, program bantuan listrik gratis itu masing-masing rumah mendapatkan daya listrik sebesar 450 VA ditambah pemasangan KwH meter, pulsa awal dan instalasi listrik rumah.

Pulsa awal untuk penggunaan setara dengan warga biasa sudah sangat cukup untuk dipakai. Sebagian besar bisa digunakan selama enam bulan, bahkan ada yang sampai satu tahun.

“Harapannya mereka mandiri, tidak tergantung lagi dari tetangga atau saudaranya dalam penggunaan listrik,” jelasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *