Pemilu Run, Upaya KPU Mantapkan Pemilih Pemula

SEMARANG (Asatu.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Pemilu Run di Jalan Veteran atau depan Kantor KPU Jateng, Minggu (7/4). Kegiatan yang dibuka Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Sekda Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana mewakili Gubernur Jawa Tengah.

Di depan para peserta yang mayoritas anak-anak muda, Sarwa Pramana berpesan agar masyarakat selalu jaga kondusivitas menjelang dan setelah Pemilu.

“Tunjukkan Jateng kondusif. Tunjukkan kita bisa menjaga budaya saling menghormati. Tidak boleh perbedaan memecah belah antara kita semua,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat menambahkan Pemilu Run 2019 diselenggarakan sebagai pengingat pentingnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada hari H, demi terpilihnya pemimpin yg menyejahterakan rakyat.

Dia pun mengingatkan warga agar tidak golput, tidak terpengaruh berita hoaks, serta menghindari money politics, sehingga mewujudkan Pemilu 2019 yang bersih.

Fun Run sejauh lima kilometer yang digelar serentak se-Indonesia dimulai dari kantor KPU Jateng menuju Jalan Menteri Supeno, Taman Indonesia Kaya, Jalan Pahlawan, Jalan Veteran dan kembali ke kantor KPU Jateng.

Aziz Fadhil (20), salah satu dari 25 runner tercepat dalam Pemilu Run, mengaku datang beramai-ramai bersama teman-temannya dari Universitas PGRI Semarang. Aziz mengatakan, Pemilu 2019 merupakan pemilihan pertamanya. Pemuda itu pun mantap memberikan suaranya di TPS pada 17 April 2019.

“Ini Pemilu pertama saya, dan saya mantap memilih siapa yang akan saya coblos. Tidak akan golput,” ujarnya.

Terkait banyaknya surat suara yang akan dicoblos, mahasiswa asal Tegal ini mengaku sudah mengerti. Selain mendapatkan informasi melalui internet, pada Pemilu Run 2019 juga disosialisasikan mengenai tata cara Pemilu, termasuk macam-macam surat suara dan cara mencoblosnya.

“Acaranya bagus, selain mengajak masyarakat untuk beraktivitas, juga memberi info tentang Pemilu. Ini membuat kita jadi tambah mantap untuk mencoblos,” paparnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *