Dongkrak Ekonomi Digital, AXI Implementasikan Kebutuhan E-Katalog

SEMARANG (Asatu.id) – Kemenkominfo memproyeksi jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat hingga 175 juta pada 2019, atau sekitar 65,3% dari total penduduk 268 juta. Adanya program Palapa Ring Barat hingga Timur diharapkan dapat menjangkau seluruh kabupaten/kota dengan internet, termasuk di wilayah Jawa Tengah.

Proyeksi peningkatan jumlah pengguna internet yang signifikan, diharapkan bisa memberikan dampak positif ke berbagai kegiatan produktif yang akan mendongkrak ekonomi Jateng, terutama ekonomi digital, termasuk di dalamnya perdagangan secara elektronik (e-commerce).

Berkembangnya ekonomi digital akan memudahkan para pelaku usaha, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menjual jasa dan produknya melalui internet (dalam jaringan/daring).

Selain itu, jumlah pengguna dan penetrasi internet yang semakin baik menjangkau ke pelosok di Tanah Air akan memudahkan pengawasan dan transparansi anggaran secara daring dari kementerian/lembaga pemerintah pusat hingga ke tingkat desa/kelurahan melalui e-budgeting.

Keterjangkauan internet yang luas juga bisa dioptimalkan untuk pengawasan pengadaan jasa dan barang yang lebih transparan melalui implementasi E-Katalog dari pemerintah pusat hingga desa.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto menjelaskan bahwa katalog elektronik merupakan instrumen yang efektif untuk mencegah adanya tindak pidana korupsi dalam pengadan barang dan jasa pemerintah.

“Untuk itu, dukung Aktivitas Bisnis di Jateng dengan Layanan PrintQoe.com, PrinterQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com,” ujarnya.

Keempat layanan dari PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) tersebut kini hadir sebagai jawaban untuk memenuhi kebutuhan cetak dokumen, layanan pengiriman logistik dan distribusi, serta pemesanan ruang meeting bagi korporasi dan pemerintah di Jateng.

Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia, Sahat Sihombing mengatakan PrintQoe.com adalah layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, untuk print on demand dan variable printing secara real time, misalnya kebutuhan untuk cetak kartu nama, company profile, hingga buku training materials dan marketing collaterals seperti brosur, flyer, dan lain sebagainya.

“Sedangkan CourierQoe merupakan layanan logistik, dokumen dan distribusi bagi B2B dan B2G yang dilengkapi dengan mobile tracking system sehingga mudah untuk memonitor pesanan barang hingga diterima dengan baik oleh pelanggan. CourierQoe juga merupakan layanan pendukung bagi AXIQoe.com dan PrintQoe.com dalam hal pendistribusian barang dan cetakan,” jelasnya.

Sahat menjelaskan SpotQoe.com merupakan platform online untuk pemesanan ruang meeting dan event, dengan menyediakan lebih dari 3.300 ruangan di seluruh Indonesia yang dapat diakses melalui website dan aplikasi mobile.

“Kehadiran SpotQoe.com kini semakin memperluas lini bisnis AXI dalam segala memenuhi segala kebutuhan perkantoran di platform digital,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *