Pemerintah Harus Berikan Edukasi Pelaku UMKM agar Melek Teknologi

SEMARANG (Asatu.id) – Politisi Partai NasDem Shanti Ramchand menyebut UMKM selama empat tahun Pemerintahan Jokowi ini tumbuh sangat bagus sekali, baik di lingkup domestik maupun di lingkup luar negeri.

Ia juga sepakat dalam memperluas cakupan pasar di luar negeri, pemerintah pun sangat responsif. Hal itu terlihat dari peran perwakilan negara (Kedubes RI) di luar negeri yang juga sangat welcome dan mengayomi dalam mendukung promo UMKM di luar negeri.

Shanti mengaku pernah membuktikan sendiri, membawa tujuh pedagang dan pelaku UMKM Indonesia ke New Delhi, India. Mereka pedagang UMKM ada yang minyak kelapa, kacang, tekstil, sandal dan lainnya.

Respon perwakilan negara cukup positif dalam memfasilitasi perremuan B to B dengan langsung menawarkan produknya kepada pengusaha di India.

“Hasilnya bagus, banyak yang tertarik dan transaksi pun berjalan hingga kini” katanya.

Namun, Shanti menegaskan, yang perlu ditingkatkan adalah marketingnya. Pemerintah harus memberikan edukasi kepada pelaku UMKM agar melek teknologi, tak terkecuali para pelaku UMKM di Solo.

Terutama teknologi digital dalam menopang pemasaran produk UMKM yang lebih luas.

“Di era digital sekarang ini, perlu juga pelaku UMKM diberikan pengetahun soal bisnis daring guna memperluas penetrasi pasar produk UMKM tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Mantan Menteri Perdagangan era Presiden SBY, Muhammad Luthfi mengatakan, pembangunan infrastruktur dan berbagai program Presiden Jokowi, yakni dana desa, serta kredit usaha rakyat sukses memicu pertumbuhan UMKM.

Rachmat dan Luthfi mengatakan, potensi ekspor usaha kecil menengah masih sangat besar. Namun, salahsatu produk UKM yang masih bisa bertumbuh dengan agresif adalah di sektor makanan.

Produk- produk tradisional seperti kerajinan dan perhiasan, secara pertumbuhan sudah mulai dua digit. Namun, jika pemerintah ingin membawa lagi produk potensial lain ke mancanegara, maka sektor produk makanan bisa menjadi peluang besar.

“Kalau mau bawa produk UMKM yang lain Pemerintah bisa mengupayakan produk makanan, yang potensinya masih sangat besar dalam mendukung berkembangnya UMKM di tanah air,” lanjut Muhammad Luthfi, yang juga mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal(BKPM) ini. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *