UMKM Solo Penting Manfaatkan Pemasaran Daring

UMKM Solo Penting Manfaatkan Pemasaran DaringSEMARANG (Asatu.id) – Peluang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Solo untuk terus bertumbuh kian terbuka. Hal ini tak lepas dari dukungan Pemerintah melalui berbagai kebijakan yang kian memudahkan para pelaku UMKM.

Sebagai kota budaya, Solo memiliki peluang yang cukup besar untuk mendorong kemajuan UMKM. Selain relatif kondusif, daerah ini juga merupakan salah satu tujuan wisata yang kian populer di Jawa Tengah.

“Sehingga semakin mempermudah bagi para pelaku UMKM di Solo untuk mengembangkan UMKM berbasis pariwisata,” ungkap Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana MSi, Sabtu (16/3).

Eva juga mengungkapkan, Pemerintah cukup proaktif dalam mendorong kemajuan UMKM di tanah air, misalnya dengan turut memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Indonesia ke luar negeri.

Melalui Kementerian Perdagangan, Pemerintah juga jamak menggelar kegiatan kalender ekspo yang dimaksudkan untuk memperluas cakupan pasar UMKM, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sehingga, produk- produk sejumlah UMKM maupun industri kecil yang ada di wilayah Solo sudah mampu menembus pasar ekspor, kendati masih dalam skala kecil.

“Karena dukungan kebijakan berupa keringanan biaya ekspor maupun biaya untuk impor bahan baku UMKM,” tandas Politisi Partai NasDem ini.

Apalagi, lanjutnya, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat memperhatikan UMKM. Misalnya terkait kemudahan kepada para pelaku industri kecil menengah mudah bagi mereka untuk mendapatkan bahan baku. Jadi mereka bisa ekspor nantinya.

Keringanan yang diberikan oleh industri kecil menengah untuk mengimpor atau memasukan bahan baku tanpa mengenakan pajak, sepanjang produk UMKM tersebut hasilnya untuk diekspor.

Kendati begitu, Caleg Dapil Jawa Tengah V (Sukoharjo, Klaten, Boyolali, dan Solo) ini juga berharap para pelaku UMKM juga harus mampu mengikuti perkembangan jaman dengan memanfaatkan teknologi digital bagi kemajuan usahanya.

“Sehingga, akan semakin memperkuat produk UMKM unggulan tersebut dalam membidik pasar yang lebih luas, karena dukungan pemasaran melalui teknologi informasi,” jelasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *