Dewan Apresiasi Progres Kartu Tani Temanggung

Dewan Apresiasi Progres Kartu Tani TemanggungTEMANGGUNG (Asatu.id) – Komisi B DPRD Jateng mendatangi Kantor BRI Cabang Temanggung yang ada di Jalan Secang-Temanggung No 7, baru-baru ini. Tujuan kedatangan tersebut untuk mengetahui perkembangan dari penyaluran Kartu Tani yang digagas Gubernur Ganjar Pranowo.

Dalam pertemuan itu, rombongan diterima Pimpinan Cabang BRI Temanggung Iwan Supriyanto. Dalam penjelasannya, anggota Komisi B mengapresiasi progres Kartu Tani di Temanggung.

“Kartu Tani sudah berjalan bagus di Temanggung, lima puluh ribu kartu tani sudah tercetak,” Kata anggota Fraksi PKB Jateng.

Ia juga meminta agar Kartu Tani bisa 100 persen terdistribusikan, karena keberadaan kartu tersebut sangat bermanfaat untuk petani. Selain subsidi yang tepat sasaran, petani mampu menaikkan nilai tukar petani sehingga  menjadi sejahtera.

“Sosialisasi terus digencarkan ke pelosok desa, maka kerja sama harus dilakukan oleh pihak yang terkait, yakni BRI, Dinas Pertanian, dan distributor pupuk,” ucapnya.

Kabag SDM dan Kelembagaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Temanggung Budi Susilo sepakat agar sosialiasi terus digencarkan. Ia mengaku, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke petani baik yang berupa program maupun dalam bentuk swadaya.

“Banyak yang belum paham, apalagi rata-rata usia petani sudah lima puluhan lebih, sehingga butuh kesabaran,” katanya.

Dalam penjelasannya, Iwan Supriyanto menyebutkan sekarang ini sudah ada 50 ribu Kartu Tani yang sudah tercetak dan sudah terdistribusi. Meski demikian untuk penggunaan kartu tersebut belum maksimal, dikarenakan banyak yang belum memahami penggunaan Kartu Tani tersebut.

Untuk penyebaran kartu, sudah menyasar di 69 kios petani yang ada di 20 kecamatan. Masing-masing kios sudah tersedia perangkat electronic data capture (EDC) atau alat gesek kartu tani dari BRI untuk kemudahan transaksi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *