1.300 Pasukan Keamanan Dikerahkan untuk Kelancaran Apel Kebangsaan

SEMARANG (Asatu.id) – Apel Kebangsaan ‘Kita Merah Putih’ akan digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima Semarang, Minggu (17/3). Untuk kelancaran acara tersebut, panitia menyiapkan 1.300 personel keamanan.

Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha mengatakan, personel keamanan yang disiapkan tersebut berasal dari tim gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang.

“Sesuai kesepakatan bersama, tim keamanan berasal dari gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang. Dengan rincian, sebanyak 800 personel keamanan dari Polri, 300 personel dari TNI dan sisanya dari Satpol PP serta Dishub Pemprov dan Pemkot,” kata Iga saat audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (14/3).

Iga menerangkan, seluruh tim pengamanan nantinya akan bertugas di sejumlah titik. Beberapa di antara mereka bertugas mengamankan panggung utama dan tiga panggung pendukung, di lokasi parkir dan bergerak dinamis di lokasi acara.

“Di tenda utama dan VVIP kami juga siapkan tim khusus yang melakukan pengamanan secara tertutup dan terbuka. Di kantong-kantong parkir juga kami siapkan pasukan,” terangnya.

Tak hanya di lokasi acara, tim pengamanan juga dilakukan pengamanan khusus untuk memastikan para peserta Apel Kebangsaan selamat saat perjalanan baik menuju Semarang atau sebaliknya.

“Nantinya ada petugas pengawalan transportasi yang mengawal peserta dari setiap Kabupaten/Kota menuju Semarang atau sebaliknya, untuk memastikan para peserta berangkat dan pulang dengan aman,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, jajaran Polrestabes Semarang sejak Senin lalu juga menggelar operasi kepolisian yang ditingkatkan. Jajaran aparat secara rutin menggelar operasi Cipta Kondisi Kondusif dengan menggelar razia dan sebagainya.

“Tujuannya untuk memastikan pada pelaksanaan nanti aman terkendali tanpa adanya gangguan dari pihak manapun. Kami juga di Polrestabes Semarang memiliki Tim Elang yang sampai Minggu dinihari besok akan selalu melakukan operasi,” tutupnya.

Selain persoalan keamanan, panitia pelaksana Apel Kebangsaan juga telah menyiapkan pasukan lain untuk menyukseskan acara tersebut. Di antaranya pasukan kebersihan sebanyak 600 personel, pasukan pengarah massa serta dukungan pasukan dari Damkar dan PDAM.

“Semua sudah kami persiapkan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan massa ratusan ribu, maka kami telah memikirkan secara matang kebutuhan-kebutuhan yang ada,” kata Kepala Kesbangpolinmas Provinsi Jateng, Achmad Rofai. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *