Pangdam IV : Keberhasilan Kepemimpinan Dilihat dari Disiplin, Moril dan Kinerja Satuan

SEMARANG (Asatu.id) – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi SE MM memberikan pengarahan kepada Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam Apel Dansat yang digelar di Markas Yonif Raider 400/BR, Srondol, Selasa (12/3).

Di hadapan para peserta Apel Dansat, Pangdam menyampaikan Apel Dansat merupakan momen yang penting untuk mempererat hubungan rantai komando antara pimpinan dan anggota.

“Selain itu juga sebagai sarana untuk mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan, sehingga diharapkan kedepan akan lebih baik lagi. Target yang akan dicapai pada apel Dansat kali ini adalah satuan tidak ada pelanggaran dan lebih profesional,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut para Dansat kembali diingatkan bahwa berbicara tentang kepemimpinan lapangan, maka dibutuhkan suatu ilmu yang dipadukan dengan seni dalam menerapkan kepemimpinannya. Dan bila berbicara tentang organisasi maka ada yang memimpin dan ada yang dipimpin untuk mencapai tujuan.

“Potensi kepemimpinan itu sudah dimiliki oleh para Komandan Satuan namun perlu terus diasah, dilatih dan dididik untuk memperoleh kemampuan maksimal agar orang  yang dipimpinnya memiliki cipta, rasa dan karsa untuk mengikuti pimpinannya,” terangnya.

Menurut Pangdam, tolok ukur keberhasilan pimpinan dalam memimpin satuan itu dapat dilihat dari bagaimana disiplin, moril dan kinerja satuan tersebut.

“Bila anggotanya disiplin dapat dipastikan moril mereka tinggi dan kinerjanya pasti bagus, namun sebaliknya bila banyak pelanggaran maka dapat dipastikan moril mereka rendah dan kinerjanya juga asal-asalan,” tandasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *