Kopi Yu Paijem Temani Gubernur di ‘Ngopi Bareng Mas Ganjar’

Kopi Yu Paijem Temani Gubernur di 'Ngopi Bareng Mas Ganjar'PURBALINGGA (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong seluruh pemerintah desa di Jateng, termasuk 224 desa di Kabupaten Purbalingga terus mengembangkan berbagai potensi daerah.

“Ribuan desa di Jateng mempunyai beragam potensi, yang jika dikembangkan dan dikelola dengan baik bisa meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur Ganjar Pranowo di sela “Ngopi Bareng Mas Ganjar” di Owabong Cottage, Senin (11/3) malam.

Selain beragam produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), seperti aneka makanan ringan yang khas dan produk kerajinan yang unik dan menarik, komoditas lokal seperti kopi, serta potensi alam pedesaan yang dikemas menjadi objek wisata juga bisa menjadi sumber pendapatan asli desa.

“Ternyata kopi kita (Jateng) luar biasa nikmat. Beberapa jenis kopi lokal asal Purbalingga juga sangat nikmat, seperti Kopi Yu Paijem yang disuguhkan kepada saya ini,” terang gubernur.

Di hadapan ratusan kepala desa se-Purbalingga itu, Ganjar menyebutkan beragam potensi yang dimiliki kabupaten yang berada di kawasan Gunung Slamet tersebut. Di antaranya batik khas dengan motif kelelawar, bulu mata palsu, serta produk-produk UMKM lainnya.

“Jangan berhenti berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan potensi desa. Salah satunya batik ‘Batman’ khas Purbalingga, desainnya dikembangkan sehingga nantinya ada kelas-kelas, seperti tulis, cap, atau kombinasi tulis dan cap,” pintanya.

Senada disampaikan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Menurutnya, daerah yang dipimpinnya tersebut dahulu pernah mengalami kejayaan sebagai daerah penghasil kopi terbesar di wilayah eks Karesidenan Banyumas.

“Ada banyak jenis kopi yang khas dan nikmat asal Purbalingga. Kopi Gunung Malang sekarang sangat terkenal, selain itu ada pula Kopi Lanang dan Yu Paijem. Kami terus mengembangkan potensi-potensi yang ada di 224 desa di Purbalingga,” katanya. (IS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *