Kodam IV Mantapkan Kesiapan Hadapi Pemilu 2019

SEMARANG (Asatu.id) – Pemilu merupakan proses pendewasaan masyarakat  dalam pesta demokrasi yang akan digelar pada waktu dekat ini.

Seiring dengan pelaksanaan pesta demokrasi, sebagai langkah awal dan mendasar yang dilakukan adalah menjelaskan aturan pelibatan tugas-tugas perbantuan dalam rangka pengamanan pesta demokrasi Pemilu 2019.

Disamping memberikan penjelasan tentang aturan pelibatan /Rule of Engagement (ROE), Kodam IV/Diponegoro juga menggelar latihan dasar PHH pada rangkaian kegiatan Apel Dansat di lapangan Mako Yonif Raider 400/BR, baru lalu.

Latihan dasar PHH diperagakan oleh prajurit Yonarhanud 15/DBY dihadapan para peserta Apel Dansat.

“Latihan ini merupakan bentuk kesiapan dan keseriusan Kodam IV dalam melaksanakan tugas OMSP, khususnya pelaksnaan tugas perbantaun kepada  Kepolisian dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2019 mendatang”, ungkap Kapendam IV Kolonel Arh Zaenudin SH MHum di sela-sela kegiatan.

Menurut Kapendam, selain menunjukkan kesiapan satuan, latihan PHH ini dilakukan dalam rangka membangun dan meningkatkan kesiapan prajurit maupun satuan untuk menangani dan menanggulangi huru-hara yang kemungkinan terjadi, terutama pada tahapan Pemilu.

“Di samping latihan PHH juga akan dilakukan latihan/simulasi dalam rangka pengamanan objek-objek vital di wilayah Jateng dan DIY,” ujarnya.

Hal ini juga sesuai dengan tema apel Dansat kali ini yaitu “Melalui Apel Dansat Kodam IV/Diponegoro 2019, Kita Wujudkan Kesiapan Satuan dan Profesionalisme Prajurit Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI AD”.

Dijelaskan, pada latihan ini pasukan memperagakan beberapa gerakan dasar serta teknik penanggulangan huru-hara untuk meredam dan mengatasi aksi unjuk rasa dalam berbagai situasi. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *