Gubernur Dorong PTN di Jateng Berbadan Hukum

SURAKARTA (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendorong Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jateng menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Hal tersebut disampaikan Ganjar saat memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis ke-43 Universitas Sebelas Maret (UNS), di kampus tersebut, Senin (11/3).

Pada kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi langkah UNS yang sebentar lagi menjadi PTNBH.

“Selamat kepada UNS yang sebentar lagi ber-BH. Aja ngeres, ber-BH itu berbadan hukum, jadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum,” ujar Ganjar disambut tawa seluruh anggota Senat.

Dia menyampaikan, banyak perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun di luar negeri, yang sudah berbadan hukum melaju lebih kencang. Dengan menjadi PTNBH, mereka menjadi lebih lincah dalam beradaptasi untuk memunculkan kreasi dan inovasi baru di bidang ilmu pengetahuan.

“Dengan berbadan hukum, maka perguruan tinggi menjadi mandiri dan memiliki otonomi sendiri. Dengan punya otonomi, maka mereka punya keleluasaan untuk mengurus rumah tangganya sendiri,” kata gubernur.

Ditambahkan, keleluasaan mengelola rumah tangga akan berdampak pada inovasi yang semakin berkembang di tubuh perguruan tinggi itu sendiri. Sebab, dengan anggaran yang makin besar, mereka bisa mengelola sesuai kebutuhan.

“Kan aggaran makin gede, dan mereka akan menentukan peruntukannya sesuai kebutuhan masing-masing. Jadi lebih lincah dalam mengantisipasi berbagai hal yang berkembang dalam masyarakat,” tegasnya.

Di Jateng, lanjut Ganjar, baru ada Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang sudah menjadi PTNBH. Namun dalam waktu dekat, beberapa universitas lain akan segera menyusul.

“Ini UNS sebentar lagi, universitas lain juga sedang dalam proses menuju ke sana. Kami akan mendukung,” ujar Ganjar yang juga menjabat sebagai anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UNS itu.

Ganjar menilai, dengan semakin majunya dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi, juga akan mempercepat pembangunan daerah. Hasil kreasi, inovasi, penelitian hingga temuan-temuan dari perguruan tinggi dapat dikembangkan untuk kemajuan daerah.

“Tentu kami nanti akan bermitra dengan mereka. Perguruan tinggi ini dapat membantu pemerintah dalam segala bidang, baik persoalan UMKM, soal mitigasi bencana, penanggulangan kemiskinan dan sebagainya. Mereka memiliki peran jauh lebih bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat,” papar mantan anggota DPR RI ini.

Pemprov Jateng sudah menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk menyukseskan program-program kerjanya. Apalagi, Jateng punya perguruan tinggi yang hebat, seperti UNS, Undip, Unnes, Unsoed dan perguruan tinggi lain baik negeri dan swasta yang selalu bisa diajak bermitra dengan pemprov. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *