KPU Terima 1,2 Juta Lembar Surat Suara untuk Pemilu 2019

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan KPU Kota Semarang baru saja menerima sebanyak 1.200.596 lembar surat suara, yang terdiri dari 600.000 lembar surat suara DPR RI dapil 1 Jawa Tengah (Jateng). 599.596 lembar surat suara DPR RI dapil 1, dan 1.000 lembar surat cadangan DPR RI.

“Total keseluruhan ada 1.200.596 surat suara yang diterima,” katanya, kemarin.

Lebih lanjut, Nanda sapaan akran Henry Casandra Gultom mengungkapkan, setelah ini, dalam waktu dekat juga akan dikirimkan kembali surat suara untuk Pilpres, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota.

“Dalam waktu dekat setelah ini nanti akan dikirim surat suara pilpres, dan Pilek DPRD Provinsi dan Kota,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah menunggu intruksi dari KPU Provinsi untuk melakukan tahapan sortir dan pelipatan.

“Untuk sortir dan pelipatan kami mash menunggu arahan dari KPU Jateng,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Nining Susanti menuturkan, Bawaslu juga melakukan proses pengawasan tidak hanya saat surat suara tiba di gudang KPU. Melainkan melakukan pengawasan sejak proses cetak langsung baik percetakan di Bogor maupun yang di Jakarta.

“Sempat terjadi kesalahpahaman saat pencetakan yakni Bawaslu menemukan lima nama yang berbeda dengan masternya. Setelah dikomunikasikan dengan KPU, memang terdapat revisi per bulan Januari,” ungkapnya.

Saat ini, Lanjut Nining, proses pencetakan surat suara DPR RI, presiden dan wakil presiden, serta DPD tidak ada permasalahan.

“Dari segi warna terang, noda titik tidak ada, kami harap ketika dibuka disini memang kualitas sesuai standar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nining menerangkan, Bawaslu akan terus melakukan pengawasan secara melekat. Setiap surat suara tiba di gudang KPU, Bawaslu akan hadir guna memastikan distribusi surat suara sesuai prosedur.

“Misal pengawasan apakah dikawal kepolisian, apakah masih tersegel, berapa jumlahnya dan sebagainya,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *