Tekan Jumlah Penyebaran Penyakit DBD, Juliari Minta Masyarakat Rutin Bersihkan Lingkungan

Juliari P Batubara saat menyerahkan bantuan CSR PLN berupa gedung olahraga di Klipang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

SEMARANG (Asatu.id– Antisipasi penularan penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD), Anggota Komisi VI DPR RI Juliari P Batubara menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan kebersihan lingkungan. Hal itu bertujuan untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk aides aigepty.

Hal ini disampaikan Juliari usai menyerahkan bantuan CSR PLN berupa gedung olahraga di Klipang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Senin (18/2).

“Ini harus dimulai dari diri sendiri. Jika lingkungan kita bersih maka warganya pasti semua sehat. Rumah dibersihkan, hindari adanya genangan air, dan tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggantung pakaian-pakaian kotor yang menyebabkan terjadinya sarang nyamuk,” katanya.

Lebih lanjut, Wakil Bendahara DPP PDI Perjuangan itu mengungkapkan, penularan penyakit DBD bukanlah perkara ringan, melainkan jika tidak dilakukan pencegahan dari dini dapat menyebabkan hal yang serius.

“Ini musim penghujan, hindari adanya genangan air, lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Bukan hanya DBD penyakit lainnya juga dapat masuk di musim penghujan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tembalang, Heru Sukendar mengatakan, untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit DBD pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap warga.

“Berbagai upaya dilakukan untuk menekan angka Demam Berdarah Di Kecamatan Tembangan, salah satunya dengan digalakannya PSN, Apel PSN setiap Jumat. Ada pula siswa mencari jentik (Sicentik), siswa SD SMP harus pakai celana panjang, kampanye ikanisasi, tapi utamanya PSN,” katanya.

Sebelumnya disampikan, selama Januari 2019 hingga Februari 2019, angka kasus penyakit Demam Berdarah di Kota Semarang sebanyak 122 kasus. Adapun wilayah tertinggi terjangkit kasus DB di Kota Semarang, yakni Kecamatan Candisari, Gajahmungkur, Banyumanik, Tembalang dan Pedurungan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *